Sukses

Lifestyle

4 Langkah Membuat Kaldu Ayam yang Bening dan Tidak Amis

ringkasan

  • Air Dididihkan Terlebih Dahulu
  • Tambahkan Bawang Putih dan Jahe
  • Masak dengan Api Kecil

Fimela.com, Jakarta Kuah kaldu ayam yang bening dan tidak amis memang yang paling lezat. Untuk menikmati rasa gurih alami dari daging ayam dari kaldunya pun ternyata tidak terlalu sulit. Membuat kuah kaldu ayam jernih dan gurih ternyata tidak terlalu sulit.

Ada bahan-bahan yang perlu kita tambahkan. Proses pembuatannya pun tidaklah terlalu sulit. Berikut keterangan lengkapnya.

1. Air Dididihkan Terlebih Dahulu

Untuk 500 gram daging ayam, kita bisa menyiapkan 1000 ml air. Air didihkan terlebih dahulu, kemudian daging ayam yang sudah dicuci bersih dimasukkan. Rebus selama 10 menit untuk menghilangkan kotorannya. Kemudian air rebusan dibuang, sedangkan ayam dicuci kembali sampai bersih.

2. Tambahkan Bawang Putih dan Jahe

Agar kaldu ayam tidak amis, kita bisa menambahkan sejumlah bahan. Seperti bawang bombay, daun bawang, bawang putih yang digeprek, dan jahe yang digeprek. Siapkan kembali satu liter air, kemudian masukkan daging ayam dan bahan-bahan lainnya. Tambahkan pula garam dan lada bubuk secukupnya.

 

 

3. Masak dengan Api Kecil

Dengan api kecil, masak kembali daging ayam hingga menjadi kaldu. Bila ada kotoran yang mengambang, bisa langsung disaring lalu dibuang. Masak sampai mendidih dan mengeluarkan minyak.

4. Kaldu Ayam Disaring

Kaldu ayam yang sudah dibuat kemudian disaring. Buang ampas bawang dan sayuran. Kaldu ayam siap diolah. Bisa juga disimpan di dalam freezer untuk stok.

Tidak terlalu sulit bukan membuatnya? Semoga info ini bisa memudahkanmu dalam membuat kaldu ayam yang bening dan tidak amis. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Bau dan Rasa Kayu Pada Jamur Tiram
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Saus Cocolan Dimsum dan Wonton