Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Menyiapkan Tabungan Hari Tua Lewat Investasi untuk Generasi Milenial

Fimela.com, Jakarta Di era modern seperti saat ini, sebagai kaum milenial harus pintar-pintar mengelola keuangan. Agar kita tidak boros dan memiki simpanan di hari tua nanti. Menyimpan uang kini pun semakin mudah, karena kemajuan teknologi. Contohnya saja kini bukan hanya tabungan, generasi milenial juga dapat investasi reksa dana.

Hal tersebut tampak pada data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dimana jumlah Single Investor Identification (SID) Reksa Dana telah mencapai 1,23 juta pada Juni 2019. Jumlah ini naik 57 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang berada di angka 702 ribu SID. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 70 persennya berasal dari golongan masyarakat berusia muda, yakni berada dalam rentang usia 20-40 tahun. Sayangnya, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, jumlah investasi ini masih sangat kecil, hanya berkisar 0,5 persen dari populasi seluruh penduduk.

Ada  hal-hal yang menjadi perhatian khusus generasi milenial, yaitu untuk dapat melakukan investasi dengan cara yang mudah dan aman. Namun, ternyata tidak semua informasi tentang Reksa Dana dapat dicerna dan diolah dengan tepat, terutama bagi mereka yang belum pernah melakukan investasi. Sehingga akhirnya mereka berinvestasi pada produk yang tidak sesuai dengan tujuan dan profil risikonya.

“Reksa Dana adalah berinvestasi dengan dana patungan. Bisa dengan modal kecil, ditunjukan untuk pemula. Pas sekali untuk yang ingin  investasi tapi ngga paham ke pasar saham. Karena rame-rame risiko juga terbagi-bagi, dipermudah caranya jadi lebih murah. Bahkan Rp. 50000  bisa punya reksa dana,” ujar Teddy Sunandar Co-Founder Investasikita di Jakara.

Robo Advisory

Untuk menjawab kebutuhan reksa dana, PT Nadira Investasikita Bersama meluncurkan platform investasi Reksa Dana bagi masyarakat Indonesia. Dengan mengedepankan aspek teknologi, PT Nadira Investasikita Bersama telah mengembangkan platform investasi yang memiliki teknologi Robo Advisory dan Goal Based Investment pertama di Indonesia. Platform tersebut dinamakan Investasikita.com. 

Teknologi Robo Advisory Investasikita membantu mengoptimalkan pemilihan produk berdasarkan profil risiko nasabah, dilengkapi dengan fitur Rebalancing, Stop Before Loss dan Goal Based Investment platform yang akan membuat tujuan investasi semakin dekat. Sistem Robo Advisory juga akan membantu dalam memberi rekomendasi dan melakukan evaluasi portofolio secara berkala, sehingga nasabah dapat memperoleh hasil investasi yang optimal dan anti ribet.

 “Investasikita telah mengembangkan sistem Robo Advisory yang modern untuk membantu milenial berinvestasi Reksa Dana dengan mudah. Selain itu, fitur Goal Based Investment yang terdapat di dalam Investasikita akan membantu milenial dalam berinvestasi dengan mudah, aman dan optimal,” ujar CEO PT Nadira Investasikita Bersama, Ady Pangerang. 

Selain menawarkan kemudahan, Investasikita juga menyediakan variasi produk Reksa Dana yang lengkap dari 15 Manajer Investasi (MI) terpercaya. Sistem pembayaran yang mudah, dapat menggunakan beberapa channel bank maupun juga OVO Cash. Registrasi mudah hanya dengan beberapa langkah saja, dan anda sudah dapat berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu saja.

Namun untuk bagi yang masih mengelola keuangan, Fimela akan memberikan solusi. Dengan menghadirkan financial planner, Prita Hapsari Ghozie kamu akan mendapatkan penjelasan lebih dalam tentang pengeloaan keuangan di  FIMELA FEST 2019.

Prita Hapsari Ghozie merupakan konsultan keuangan yang mendapat gelar sarjana di Universitas Indonesia. Kemudian Prita melanjutkan pendidikan master di University of Sydney, Australia.

Fimela Fest 2019 ini akan diadaakn pada tanggal 11-17 November di Gandaria City, segera daftarkan dirimu di sini 

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
MoneySmart Parent, Panduan Orangtua Baru dalam Merencanakan Keuangan