Sukses

Lifestyle

Ulasan: Novel Suprise Me Karya Sophie Kinsella

Fimela.com, Jakarta Judul: Surprise Me

Penulis: Sophie Kinsella

Alih bahasa: Nurkinanti Laraskusuma

Editor: Christie Putri Wardhani

Ilustrasi sampul: eMTe

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Seberapa yakin kau mengenal orang-orang terdekatmu?

Kejutan bisa jadi asyik kalau berhasil, tapi juga bisa jadi malapetaka kalau tidak berjalan sesuai rencana. Sylvie dan Dan memutuskan saling menyiapkan kejutan untuk membuat pernikahan mereka tetap seru.

Namun, pada satu titik, terkuaklah satu kenyataan yang mengguncang. Sylvie mengira selama ini hidupnya nyaris sempurna. Ia merasa sudah mengenal Dan luar-dalam, juga mendiang ayahnya yang sangat ia puja. Tapi, belakangan Sylvie yakin ada sesuatu yang salah… Baca sampai habis dan siap-siap terkejut!

***

Setelah sepuluh tahun menikah, Sylvie dan Dan diberi tahu bahwa ada kemungkinan mereka akan menghabiskan hidup bersama sebagai suami istri selam 68 tahun lagi. Mengetahui hal tersebut, Sylvie dan Dan kemudian mulai merasa agak kurang tenang. Hidup selama 68 tahun lagi berdua, apakah nantinya hidup akan membosankan? Apakah ke depannya hubungan akan baik-baik saja? Bahkan Dan mulai menghitung-hitung ada berapa kali hubungan seks lagi yang perlu dilakukan untuk mempertahankan pernikahan tersebut.

Sudah dianugerahi dua putri kembar, Sylvie tak lantas merasa selalu bahagia. Ketika diberi tahu dokter bahwa Sylvie dan Dan diprediksi akan hidup sampai usianya 100 tahun mengingat riwayat keluarga mereka berdua yang berumur panjang, Sylvie malah dilanda kegelisahan. Untuk mempertahankan pernikahan supaya tidak membosankan, Sylvie dan Dan akhirnya membuat kesepakatan untuk saling memberi kejutan. Kejutan-kejutan manis diyakini akan membuat pernikahan lebih berwarna dan harmonis, tapi yang tak disadari adalah bahwa bila ada sedikit saja yang salah dari kejutan tersebut keadaan bisa berakhir runyam.

Dalam pernikahannya, Sylvie merasa sudah sangat memahami suaminya. Ada banyak hal yang bisa dipahami oleh Sylvie dengan baik. Bahkan sudah sampai ke tahap bisa saling menyelesaikan kalimat satu sama lain dan bisa tahu maksud satu sama lain tanpa harus diutarakan dalam kata-kata. Namun, tetap saja membayangkan bahwa perjalanan pernikahan mereka "masih panjang" ada kekhawatiran bakal muncul hal-hal yang tak menyenangkan atau bahkan berakhir jadi membosankan.

 

Membaca novel ini kita akan dibuat penasaran dengan kejutan-kejutan yang diberikan oleh Sylvie dan Dan kepada satu sama lain. Bagian yang lebih mengejutkan pun ternyata lebih "serius" dari duguaan. Berkaitan dengan hubungan Sylvie dengan ibunya dan mendiang ayahnya. Ada kejutan-kejutan yang lebih dari sekadar benda atau barang. Kejutan lain yang hadir membuat Sylvie dan Dan harus bisa lebih memahami satu sama lain dengan lebih dalam.

Mengikuti kisah Sylvie dan Dan kita jadi mengetahui sejumlah hal menarik terkait pernikahan. Tak hanya hubungan suami dan istri, tapi juga hubungan dengan keluarga hingga berkaitan dengan pekerjaan serta diri sendiri. Ada bagian yang begitu menyentuh hati sekaligus memberi kita pandangan baru soal pernikahan di novel ini.

Ada sentuhan yang menghangatkan hati di akhir novel ini. Meski mungkin ketika membaca bagian awalnya terasa agak berat, tapi begitu mulai lanjut dan mengungkap satu per satu kejutan yang ada, novel ini memberi pengalaman membaca yang berbeda. Ada sisipan humor yang bisa membuat kita ikut tergelak membacanya. Suprise Me tak hanya membahas soal drama pernikahan, tapi juga memberi pandangan baru soal pernikahan, mengungkap sejumlah sisi yang begitu emosional, dan hubungan antar keluarga.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ulasan: The Borrowed Karya Chan Ho-Kei
Artikel Selanjutnya
Ulasan: Novel Lethal White karya Robert Galbraith