Sukses

Lifestyle

Gambang Betawi Masuk dalam Deretan 50 Roti Terenak di Dunia

Fimela.com, Jakarta Roti Gambang asal Betawi masuk ke dalam daftar 50 roti Terbaik di dunia. Daftar ini dikeluarkan CNN dalam rangka Hari Roti Sedunia. Perayaan yang jatuh pada setiap 16 Oktober itu, menyandingkan roti gambang dengan baguette asal Prancis, ciabatta asal Italia, dan karavai asal Rusia.

Roti gambang sendiri masuk ke dalam 50 daftar roti terbaik di dunia untuk kategori lawas atau jadul. Dalam kategori tersebut, roti gambang berada di posisi 19.

Dengan bahan utama gula palem dan kayu manis, membuat roti ini memiliki tekstur yang keras di luar namun lembut di bagian dalam. Serta aroma khas dengan taburan wijen di atar permukaan roti.

Nama roti gambang sendiri diyakini terinspirasi dari gambang kromong, sebuah instrumen musik tradisional Betawi. Dari segi bentuk, roti ini mirip dengan gambang kromong yang berbentuk kotak tipis berwarna kecokelatan.

 

 

Dipilih karena punya nilai sejarah

Melansir dari CNN pada Jumat (18/10/2019) daftar 50 roti terbaik ini dikurasi oleh mantan chef pastry Jen Rose Smith. Daftar yang dibuat memuat 50 roti terbaik di dunia berdasarkan abjad. Selain rasa yang unik, setiap roti dipilih berdasarkan cerita dan nilai tersendiri.

Sementara roti gambang dinilai kaya akan nilai sejarah yang menjadi menu setiap para pejuang ketika melawan penjajah. Teknik pembuatannya pun mengadopsi teknik dari Belanda.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading