Sukses

Lifestyle

Mengenali Tanda Saus Tomat dan Sambal yang Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Saus tomat dan sambal menjadi salah satu bahan pelengkap makanan yang digemari oleh hampir semua orang. Apapun makananya, rasanya akan terasa makin sedap dan nikmat jika disajikan bersama saus tomat dan saus sambal.

Meski saus menjadi bahan pelengkap makanan yang sangat digemari, kita harus berhati-hati dalam memilih dan membeli saus. Di luar sana, tidak sedikit saus yang ternyata mengandung bahan kimia bahkan terbuat dari bahan-bahan yang sangat tidak layak konsumsi.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan saus tomat atau sambal ternyata berbahaya. Simak baik-baik yang berikut ini Sahabat Fimela.

Tanda Saus Tomat dan Sambal Berbahaya

Kekentalan Saus

Tanda pertama yang bisa dilihat adalah kekentalan saus. Saus yang berbahaya atau palsu umumnya memiliki kekentalan yang tinggi. Saking kentalnya, saus ini cukup sulit saat dituang. Alasan saus berbahaya lebih kental karena biasanya saus ini tidak murni terbuat dari tomat tetapi juga ada campuran bahan lain seperti wortel, pepaya dan ubi. Tambahan bahan pengawet dan pewarna makanan juga membuat saus ini lebih kental serta berwarna lebih gelap.

Berjamur

Saus yang asli atau murni terbuat dari tomat biasanya akan lebih mudah berjamur. Saus ini bisa berjamur setelah 3 sampai 4 hari setelah dibuka. Tapi jika saus berbahaya atau palsu, saus ini akan lebih tahan lama dan anti jamur.

Rasa Saus

Untuk saus asli akan terasa dan berbau seperti tomat juga bawang putih. Namun jika saus berbahaya atai palsu, rasa dan bau saus akan berbeda. Rasa dan aroma tersebut samar-samar bahkan nyaris tidak ada rasa tomat serta bawang putihnya.

Dicampur dengan Air Putih

Ketika saus asli dicampur dengan air putih, ia akan cepat berbaur atau larut dalam air. Sedangkan untuk saus berbahaya atau palsu, saat dicampur dengan air putih atau bening akan memerlukan beberapa waktu agar bisa berbaur. Saus berbahaya cenderung menggumpal di dasar air untuk beberapa waktu.

Ituah beberapa tanda yang bisa dilihat dari saus yang menunjukkan apakah saus itu asli dan aman atau palsu dan berbahaya. Untuk mendapatkan saus asli. sebaiknya buat sendiri di rumah atau beli saus yang sudah jelas kemasan serta merknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

***

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Membuat Crepes yang Tipis, Krispi dan Renyah
Artikel Selanjutnya
Tips agar Daging Ikan Tidak Hancur saat Dibakar