Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Mencintai Diri Sendiri Berlebihan Bisa Bikin Hubungan Rusak

Fimela.com, Jakarta Ada yang mengatakan mencintai diri sendiri terlebih dahulu baru mencintai orang lain. Ini memang benar adanya. Dengan mencintai diri sendiri diharapkan kamu sudah mengenal diri dengan lebih baik sebelum mengenal pasangan.

Namun mencintai diri sendiri secara berlebihan akan membuat kamu kehilangan ketrampilan komunikasi, kendali emosi, dan stres yang mempengaruhi hubungan, seperti dilansir dari Thrive Global pada Rabu (23/10/2019) pengalaman masa lalu bisa menjadi faktor seseorang tumbuh dengan rasa mencintai diri sendiri yang berlebihan, sebagai bentuk untuk menunjukkan harga diri.

Misalnya saja, anak yang luput dari perhatian orangtua akan membuat anak merasa ditinggalkan secara emosional. Membuat anak-anak merasa tidak aman, cemas, dan marah. Ketika tumbuh dewasa, mereka akan mengembangkan rasa kecemasan dan menghindari diri untuk berinteraksi dengan lain.

Kecemasan bisa menggiring seseorang untuk mengorbankan kebutuhan dan kesenangan diri sendiri untuk lebih memperhatikan kebutuhan pasangan. Sementara kebutuhan diri sendiri tidak terpenuhi yang membuatmu menjadi tidak bahagia. Menjadikan segala sesuatunya sebagai urusan personal dan diekspresikan dengan cara yang negatif.

 

Diri sendiri dijadikan orientasi

Bahkan akan timbul rasa cemburu ketika pasangan memberikan perhatian kepada orang lain. Meski itu adalah temannya sendiri. Kamu yang sibuk mencari kepastian tentang kesetiaan pasangan, malah justru mendorong pasangan untuk menjauh. Sehingga kamu tidak bahagia.

Menghindari kedekatan dan keintiman melalui perilaku seperti, membuat keputusan sepihak, mengabaikan pasangan, atau mengabaikan perasaan dan kebutuhannya. Ditambah lagi dengan keterampilan komunikasi yang kurang baik membuat hubungan sulit untuk bertahan. Karena diri sendiri menjadi orientasi pribadi dalam melihat persoalan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Jadilah Pribadi Kuat dan Mandiri dengan Mencintai Diri Sendiri
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: 5 Hal yang Sering jadi Patokan Kepercayaan Diri