Sukses

Lifestyle

Presiden Jokowi Tetapkan Lima Srikandi Sebagai Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Fimela.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengumumkan nama-nama menteri yang akan bekerja di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019) pagi. Dengan suasana yang santai dengan duduk di tangga depan Istana Negara, Jokowi mengumumkan sejumlah nama yang masuk ke dalam susunan menteri.

Nama-nama tersebut mengisi 37 jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju. Lima di antaranya diisi oleh sosok srikandi . sosok yang dipilih sebagai menteri adalah perempuan. Sebagian di antaranya juga pernah menjabat selama kepemimpinan Presiden Jokowi periode sebelumnya. 

Siapa sajakah sosok menteri perempuan yang kini menjabat di Kabinet Indonesia Maju?

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani kembali dipercaya menjadi Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi. Pengalaman Sri Mulyani di bidang keuangan dinilai mampu memperbaiki sistem keuangan di Indonesia. Sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani akan mengatur berbagai kebijakan fiskal, perpajakan, dan bekerja sama dengan sejumlah kementerian yang memiliki dampak terhadap keuangan

2. Retno Marsudi

Tidak seperti menteri lainnya, Retno Marsudi justru baru dipanggil ke Istana Negara pada Rabu pagi setelah menemani Ma'ruf Amin melakukan lawatan ke Jepang. Meski demikian, ia kembali dipercaya untuk menjadi Menteri Luar Negeri. Sejumlah tugas terkait hubungan luar negeri akan diteruskan Retno Marsudi di periode ini

 

3.Siti Nurbaya Bakar

Ia pun juga kembali dipercaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup di Kabinet Indonesia Maju. Sebagai Menteri LHK, Siti Nurbaya akan kembali mengurusi industri hijau, kehutanan sosial, hingga persoalan kebakaran hutan.

4. Ida Fauziah

Menggantikan Hanis Dhakiri, Presiden Joko WIdodo memilih sosok Ida Fauziah sebagai Menteri Tenaga Kerja di Kabinet Indonesia Maju. Di bawah kementeriannya, Ida Fauziah akan bertanggung jawab untuk mengurusi kemitraan, kapasitas tenaga kerja, hingga perlindungan tenaga kerja

5. I Gusti Ayu Bintang Darmawati 

Datang ke istana sekitar pukul tujuh, rupanya I Gusti Ayu Bintang Darmawati akan ditetapkan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Nama I Gusti Ayu Bintang Darmawati memang sudah diprediksikan menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Mengingat posisi menteri ini masih kosong sebelum akhirnya diumumkan.

Simak video berikut ini

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading