Sukses

Lifestyle

Perbedaan Susunan Menteri Perempuan di Kabinet Kerja dan Kabinet Indonesia Maju

Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi telah mengumumkan sejumlah nama untuk menduduki jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju. Beberapa sosok perempuan kembali muncul untuk mengisi jabatan menteri tersebut.

Dari 38 jabatan menteri yang tersedia, lima di antaranya diisi oleh sosok perempuan. Tiga perempuan pun kembali menjabat dengan posisi yang sama. Seperti Sri Mulyani yang kembali menjabat jadi Menteri Keuangan, Retno Marsudi yang juga kembali menjabat Menteri Luar Negeri, dan Siti Nurbaya Bakat yang kembali menjabat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sementara dua wajah baru dipercaya untuk mengisi posisi untuk Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Mereka adalah Ida Fauziah dan I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Jika dibandingkan dengan kabinet sebelumnya, ada perbedaan jumlah menteri perempuan yang menjabat. Di mana pada Kabinet Kerja memiliki delapan perempuan yang mengisi posisi jabatan menteri.

 

Sepak terjang formasi menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju

Tujuh perempuan tersebut yang mengisi posisi menteri di kabinet sebelumnya adalah Puan Maharani sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri, Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Nila Djuwita Anfasa Moeloek sebagai Menteri Kesehatan, Yohana Yembise sebagia Menteri Pemberdaaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Rini Mariani Soemarno sebagai Menteri BUMN.

Jumlah menteri perempuan kemudian berubah menjadi tujuh dikarenakan Khofifaf Indar Parawansa yang menjabat sebagai Menteri Sosial memutuskan untuk mengundurkan diri pada 2018. Ia mencalonkan diri di Pilkada Jawa Timur 2018 dan terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur.

Formasi menteri perempuan kembali menjadi delapan berkat masuknya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan. Ia menggantikan Bambang Brodjonegoro. Padahal ketika itu, Sri Mulyani menduduki sebuah jabatan di Bank Dunia.

 

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih Dekat dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Baru, Wishnutama Kusubandio
Artikel Selanjutnya
Mengenal Siti Nurbaya Bakar, Sosok Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabinet Indonesia Maju