Sukses

Lifestyle

Bermain Ponsel di Tengah Malam, Ini Dampaknya pada Otakmu

Fimela.com, Jakarta Bermain ponsel di tengah malam untuk mengecek pesan, membalas pesan, menjelajah internet, atau menonton video sebaiknya tak dilakukan. Selain membuat kita makin susah tidur, menatap layar ponsel bisa memengaruhi otakmu.

Dr. Jeff Rodgers, DMD, D-ABDSM, D-ASBA, dilansir dari bustle.com menyebutkan bahwa dengan bermain ponsel, kita secara tidak langsung memberi sinyal pada otak bahwa ini saatnya untuk bangun. "Cahaya biru ponsel mirip dengan sinar matahari dan bisa menekan produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun," paparnya.

Hanya sekadar menatap layar ponsel sebentar saja bisa membuat kita terjaga. Rose MacDowell, pakar ilmu tidur dan kepala petugas penelitian di Sleepopolis memaparkan bahwa mengecek surel, membaca berita, dan melakukan aktivitas dengan ponsel seperti bermain gim dan mengirim pesan bisa membuat kita kesulitan untuk kembali tidur.

 

Meningkatkan Kecemasan

Bermain ponsel di tengah malam ketika seharusnya sudah tidur hanya akan membuat kita makin cemas. "Memeriksa pesan teks, surel, dan media sosial membuat otak kita dalam mode cemas," ucap Rodgers. Ketika ada seseorang yang tak kunjung membalas pesanmu, kamu jadi cemas. Saat membuka surel tentang pekerjaan, kamu terpaksa berpikir cara terbaik untuk membalasnya. Situasi seperti tidak kondusif untuk tidur.

Ketika kita menyalakan ponsel, maka otak akan menyalakan pemicu stres yang dapat menyebabkan kecemasan. Sehingga menyulitkan kita untuk tidur kembali. Sekali pun tidur, separuh otak kita masih menunggu untuk balasan teks atau surel. Sinar biru ponsel bisa memengaruhi siklus REM. "Bermain ponsel di tengah malam bisa mengganggu ritme sirkadian, akibatnya kita cendeurung akan berada di tahap awal tidur karena otak tidak bisa istirahat," jelas Rodgers. Hal ini bisa membuat kita merasa capek dan letih ketika bangun pada pagi harinya.

Gangguan tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Untuk itu, ada baiknya untuk berhenti bermain ponsel setidaknya satu jam sebelum jadwal tidur. Dapatkan kualitas tidur yang lebih baik dengan tidak bermain ponsel di tengah malam.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh saat Pekerjaan Menyita Jam Tidurmu
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kualitas Tidurmu Buruk dan Tips Mengatasinya