Sukses

Lifestyle

5 Makanan Tradisional yang Selalu Ada di Acara Pernikahan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Saat datang ke acara pernikahan, selain memberi selamat ke pengantin yang menikah, apa yang paling dirimu cari Sahabat Fimela? Banyak dari kita yang tentunya mencari makanan di pesta pernikahan.

Ada beragam jenis makanan yang tersaji di acara pernikahan. Dan pastinya beragam makanan ini memiliki rasa menggugah selera. Tak hanya itu saja, beragam makanan yang disajikan di acara pernikahan juga memiliki makna yang mengesankan.

Bicara mengenai makanan di acara pernikahan, kali ini Fimela punya beberapa daftar makanan tradisional yang selalu ada di acara pernikahan Indonesia. Makanan ini tak hanya enak tetapi juga memiliki makna tersendiri. Apa saja makanannya? Simak yang berikut ini.

Makanan yang Selalu Ada di Acara Pernikahan

Jenang atau Dodol

Jenang atau dodol merupakan makanan tradisional yang tak pernah terlewatkan di acara pernikahan adat Jawa. Jenang diartikan sebagai lambang perekat untuk kedua pengantin dan wujud syukur keluarga kepada Sang Pencipta atas pernikahan anak-anaknya.

Kelicuk

Makanan yang selalu ada di acara pernikahan selanjutnya adalah kelicuk. Kelicuk merupakan makanan khas Rejang, Sumatera Selatan. Kelicuk terbuat dari buah pisang yang dicampur dengan beras ketan dan dibungkus pakai daun pisang. Kelicuk melambangkan kesuburan dengan harapan kedua pasang pengantin subur dan segera dikarunai buah hati.

Roti Buaya

Makanan selanjutnya ada roti buaya. Roti buaya adalah makanan khas Betawi. Karena buaya dinilai sebagai hewan paling setia, menyuguhkan roti buaya di acara pernikahan memiliki harapan agar kedua pasang pengantin saling setia satu sama lain hingga selama-lamanya.

Orem-orem dan Rengginang

Orem-Orem

Orem-orem merupakan makanan khas Malang, Jawa Timur dan selalu ada di acara pernikahan. Orem-orem adalah masakan yang berbahan dasar irisan tempe goreng dan daging ayam yang dimasak menggunakan kuah santan. Tak hanya disajikan di acara pernikahan, orem-orem juga sering disajikan di acara penting lainnya.

Rengginang

Rengginan atau ranginang menjadi makanan yang selalu ada di acara pernikahan. Rengginang menjadi makanan yang tak pernah lepas dari acara pernikahan orang Jawa.

Itulah beberapa makanan tradisional yang selalu ada di acara pernikahan. Selain makanan di atas, ada beberapa makanan lain yang juga tak pernah ketinggalan disajikan di acara pernikahan. Makanan tersebut antaranya madumongso, sayur besan, lemper, tape ketan dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Agnez Mo Buka Klinik Vaksin Covid-19 Gratis
Loading