Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Lifestyle

Tanda Dirimu Perlu ke Dokter Saat Hubungan Intim Terasa Menyakitkan

Fimela.com, Jakarta Hubungan intim menjadi aktivitas yang tak asing lagi bagi pasangan suami istri. Dalam kehidupan pernikahan, hubungan intim menjadi aktivitas yang penting dilakukan demi membuat suami istri makin dekat, makin sayang dan makin cinta satu sama lain.

Hubungan intim juga memiliki banyak manfaat baik buat kesehatan fisik maupun psikis suami istri. Dengan melakukan hubungan intim secara rutin, pasangan suami istri bisa lebih sehat, bugar dan bahagia. Lewat hubungan intim, pasangan suami istri juga bisa lebih mengenal secara mendalam antara satu sama lain.

Melansir dari laman prevention.com, mengenai hubungan intim, menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, 3 dari 4 perempuan merasa sakit saat berhubungan intim. Rasa sakit yang dialami bisa terasa ringan hingga berat. Para ahli menyebutkan jika ada beberapa tanda jika rasa sakit selama berhubungan intim mengharuskan perempuan segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter atau ahlinya.

Kapan Harus ke Dokter Karena Seks Menyakitkan?

Hubungan intim atau seks terasa menyakitkan di awal hubungan adalah hal yang wajar. Namun, jika rasa sakit ini terus menerus terjadi pada dirimu meski hubungan intim telah dilakukan berulang kali, ini harus diwaspadai.

Rasa sakit selama berhubungan intim bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari miss V mengalami iritasi, stres, kondisi medis tertentu hingga risiko menopause dini. Para ahli menyarankan agar kita memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika saat berhubungan intim terasa begitu menyakitkan, penggunaan pelumas tidak bermanfaat, rasa sakit disertai adanya pendarahan, rasa sakit semakin parah saat buang air kecil dan rasa sakit berlangsung lama.

Menurut National Institutes of Health (NIH), AS, perubahan hormon, penggunaan obat-obatan, stres dan depresi bisa meningkatkan risiko miss V kering dan menyebabkan sakit saat berhubungan intim. Adanya risiko penyakit tertentu juga meningkatkan risiko sakit saat berhubungan intim.

Ketika merasa sakit saat berhubungan intim dan berlangsung terus-menerus atau terasa berlebihan, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading