Sukses

Lifestyle

3 Camilan Sehat yang Praktis untuk Dibuat

Makan sedikit, ngemil justru yang bikin badan gemuk.

 

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin kerap mendengar hal ini dari lingkunganmu. Ngemil atau snacking, kerap kal disalahkan ketika berat badan naik sekilo. Sebenarnya, anggapan ini tidak sepenuhnya benar, lho! Ngemil akan menumpuk lemak dan meningkatkan berat badan kalau camilan yang kamu makan penuh dengan kalori dan kandungan lemak tinggi. 

Misalnya, ngemil biskuit, wafer, cokelat, susu, kue, dan bahkan nasi goreng di tengah malam. Semua makanan ini rata-rata mengandung kalori tinggi. Juga ada banyak kandungan gula, terutama pada makanan manis. 

Jangan salah, ngemil bukan cuma soal makanan. Banyak orang yang tidak pernah ngemil, tetapi sering minum-minuman kemasan. Misalnya, teh yang dikemas dalam kotak atau botol, kopi kemasan atau sachet, susu, yogurt, dan lain sebagainya. Selain tidak sehat karena banyak yang menambahkan perasa kimiawi, rata-rata minuman kemasan mengandung gula yang sangat tinggi! 

Makanya, jangan heran kalau ngemil makanan dan sering minum minuman kemasan bisa meningkatkan berat badanmu dengan drastis. Tetapi, ngemil tidak selama bikin gemuk. Kuncinya, kamu harus membuat sendiri camilanmu di rumah, biar kamu sendiri bisa menakar berapa kalori yang bisa kamu masukkan ke dalam tubuh sebagai camilan. Terus, camilan seperti apa yang sehat dan praktis dibuat di rumah? 

Kacang-kacangan dan Buah

Menurut Kath Younger, seorang ahli gizi, camilan ideal yng sehat mengombinasikan berbagai sumber makronutrisi. Seperti protein, karbohidrat, dan lemak baik. 

"Saya senang mengombinasikan buah-buahan dan kacang-kacangan, baik itu buah segar atau juga kering untuk camilan, atau di tengah-tengah jam makan berat," jelasnya kepada Women's Health Magazine. 

Untuk membuatnya, Sahabat Fimela bisa mencampur kacang-kacangan seperti almon, kacang tanah sangrai tanpa garam, dan buah berry kering atau kismis. 

Cokelat dan Pisang

Cokelat kerap kali dihindari pada saat melakukan diet. Padahal, tidak semua jenis cokelat bikin gemuk. Kuncinya, pilih cokelat hitam dan tidak menggunakan pemanis tambahan. Untuk membuatnya terasa lebih manis, gunakan gula yang sudah terkandung di dalam pisang. 

Yogurt Plain dan Berries

 

Sahabat Fimela yang suka yogurt, bisa memadukannya dengan buah berries atau pisang untuk sarapan. Kombinasi ini juga bisa untuk camilan di sela-sela makan siang dan malam. 

Namun, pilih yogurt yang rendah atau sama sekali tidak mengandung lemak. Sehingga kalori camilanmu tetap terkontrol. 

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes
Artikel Selanjutnya
Camilan Sehat untuk Anak serta Perhatikan Kandungan Pewarnanya