Sukses

Lifestyle

Bukan Berarti Lemah, Menangis Justru Bikin Dirimu Satu Tingkat Lebih Kuat

Fimela.com, Jakarta Perasaan adalah hal yang sulit dikendalikan. Saat merasa emosi atau amarah memuncak, akan lebih sulit bagi seseorang untuk mengungkapkannya. Tidak hanya terjadi pada orang-orang yang cenderung pendiam saja, menyembunyikan perasaan juga sering terjadi pada orang-orang yang dikenal supel dan terlihat jarang bersedih.

Terlalu banyak tertawa terkadang membuat orang lain berpikir bahwa hidupmu selalu baik-baik saja. Beberapa orang juga tidak ingin dinilai lemah, sehingga ia merasa bahwa menangis atau bersedih akan membuatnya terlihat lemah di mata orang lain. Kenyataannya, dari sisi psikologis, menangis punya banyak manfaat loh, Sahabat Fimela!

1. Mengurangi Stres

Seorang terapis dan pelatih kesehatan asal New York, Sarah Thacker menjelaskan bahwa, hormon stres ditemukan di dalam air mata. Artinya, menangis justru menjadi cara untuk melepaskan stres yang terpendam. 

"Hormon stres ditemukan di dalam air mata, dan menangis secara harfiah mampu melepaskan stres emosional yang terpendam," jelassnya, seperti dikutip dari Best Life Online.

Kamu tidak perlu menyembunyikan amarahmu. Saat menangis, kamu membantu tubuhmu untuk melepaskan hal-hal terberat dalam pikiranmu, yang membuatmu merasa lebih rileks dan lebih tenang saat mulai berpikir untuk mencari solusinya.

Bangkit dari Trauma

Terkadang, masalah akan membuatmu menjadi seorang yang penakut, bahkan untuk pengambilan keputusan sekalipun. Kamu merasa tidak bisa menghadapi risiko yang nanti akan terjadi. Namun ketika dilanda masalah, justru menangis mampu menjauhkanmu dari rasa trauma. Menangis adalah cara tubuh dan pikiran kamu untuk menyeimbangkan kembali setelah adanya goncangan emosional yang menjadi penyebab kamu menangis.

3. Mengurangi rasa sakit terhdap luka fisik

Tidak hanya obat-obatan, menangis juga mampu mengurangi rasa sakit pada luka fisik. Saat menangis tubuh melepaskan hormon-hormon perasaan baik, seperti oksitosin untuk mengurangi rasa sakit dan menimbulkan rasa tenang. Keduanya sangat membantu dalam mengatasi rasa sakit pada luka fisik. Sebuah hal yang wajar jika kamu menangis saat fisikmu terluka, dengan begitu rasa sakitmu sedikit memudar.

4. Membersihkan mata

Air mata yang menetes mampu membersihkan mata setiap kali kamu berkedip. Air mata ini disebut dengan air mata basal. Keduanya membasmi bakteri dan menjaga mata agar tetap lembab, sehingga mencegah gangguan penglihatan dan masalah penglihatan. Melansir dari hellosehat.com air mata juga dapat meningkatkan citra yang terbentuk pada retina dengan menghaluskan penyimpangan yang ada pada permukaan bola mata. Hal itulah yang menyebabkan pandangan menjadi kabur saat mata sedang kering.

5. Penyembuhan alami

"Ketika kamu membiarkan air mata mengalir, seringkali kamu juga membiarkan perasaan itu pergi," tambahnya.

Dengan menangis kamu bisa mengobati rasa sakitmu yang disebabkan oleh emosi yang tidak kunjung reda. Ketika kamu ingin emosi itu lekas pergi maka kamu butuh menangis untuk beberapa saat. Meluapkan emosi dengan cara menangis mampu menjadi penawar saat perasaanmu tidak dapat dikendalikan lagi. (Iffah Nurahmah/Fimela.com)

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Loading