Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk Berdahak dan Asam Lambung pada Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Bernafas adalah salah satu kegiatan yang tidak mungkin tidak kita lakukan. Bernafas sudah menjadi kewajiban yang kita alami baik secara sadar maupun tidak sadar. Namun apa yang terjadi jika kita mengalami gangguan saat bernafas?

Gangguan saat bernafas yang paling mengganggu adalah sesak nafas. Sesak nafas terjadi manakala kamu mengalami kesulitan bernafas, atau asupan udara yang kamu perlukan tidak mencukupi. Sesak nafas terjadi karena beberapa penyebab. Berikut akan kami bagikan informasi cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak dan asam lambung pada malam hari.

Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan masalah gangguan tenggorokan yang pernah dialami hampir sebagian orang. Batuk berdahak yang berlangsung terus menerus seringkali bisa membuat kamu menjadi sesak nafas. Berikut akan kami berikan tips cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak.

Daun sirsak

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak bisa dilakukan dengan cara tradisional, yakni menggunakan daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi gangguan pernafasan dan tenggorokan dengan ampuh. Yang perlu kamu lakukan yaitu dengan meminum rebusan air daun sirsak 1 kali sehari secara rutin.

Rebusan sereh

Selain daun sirsak, rebusan sereh bisa kamu gunakan menjadi cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak. Tanaman sereh mengandung zat anti inflamasi dan minyak atsiri yang tinggi, yang keharumannya mampu melegakan saluran pernafasan.

Bawang putih

Bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak. Bawang putih mengandung anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu mengurangi dahak dan melegakan saluran pernafasan sehingga dapat menghilangkan sesak nafas. Potonglah bawang putih menjadi beberapa bagian, tambahkan madu, lalu diblender. Minumlah dengan takaran satu sendok makan, 2 kali sehari sehari.

Jahe dan madu

Ada pula cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak yang bisa kamu coba, yakni menggunakan jahe dan madu. Seduhlah jahe yang telah diparut dalam air panas, tambahkan madu dan beberapa tetes jeruk nipis.

Kunyit dan madu

Selain jahe, kunyit juga bisa kamu pasangkan dengan madu untuk menjadi alternatif cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak. Kunyit mengandung berbagai senyawa penyembuh seperti zat anti inflamasi, antibiotik alami, anti bakteri, dan sebagainya. Caranya cukup dengan mencampurkan perasan kunyit dengan air matang ditambah dengan 1 sdt madu murni. Minumlah dengan rutin sebanyak 2 kali sehari untuk mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak.

Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Asam Lambung

Sesak nafas yang disebabkan oleh kenaikan asam lambung, terjadi karena cairan asam tersebut bersentuhan dengan kerongkongan atau bahkan justru masuk ke dalam paru-paru. Hal ini kemudian memicu refleks saraf yang menyebabkan saluran udara menyempit dan memaksa cairan tersebut keluar dari paru-paru. Berikut akan kami bagikan tips cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung.

Duduk dengan posisi ke depan dan sedikit membungkuk

Cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung yang bisa kamu coba adalah dengan mengistirahatkan diri sambil duduk. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan duduk di kursi dengan telapak kaki yang menapak di lantai, kemudian sedikit condongkan dada ke arah depan. Bersamaan dengan itu, letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan. Dengan posisi ini otot leher dan dagu kamu harus tetap rileks, agar sesak nafas kamu bisa teratasi.

Penapasan diafragma

Pernafasan diafragma bisa juga kamu terapkan menjadi cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung. Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan duduk di kursi dan merilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher. Letakkan satu tangan kamu di depan dada, sedang tangan lainnya di depan perut. Bernapaslah melalui hidung secara perlahan, dan rasakan dengan tangan kamu manakala perut terasa bergerak saat kamu bernafas. Ketika mengembuskan nafas, kencangkan otot perut dan buanglah nafas secara perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut.

Latihan Pernafasan perut

Cobalah cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung dengan melakukan pernafasan dari perut. Cara untuk melakukan pernafasan ini adalah dengan menempatkan jari pada bagian bawah tulang dada, lalu hirup udara dengan menggerakkan otot diafragma. Kemudian lakukan pernafasan dari bagian mulut dan gerakkan perut secara perlahan.

Cara Mengatasi Sesak Nafas pada Malam Hari

Saat malam hari atau ketika tidur, tentu kamu tidak mau terganggu oleh apapun kan. Namun bagaimana jika saat malam hari kamu justru mengalami sesak nafas? Yuk, ikuti cara mengatasi sesak nafas pada malam hari berikut ini.

Pursed-lip Breathing

Salah satu cara mengatasi sesak nafas pada malam hari adalah dengan melakukan teknik bernafas pursed-lip breathing. Teknik bernafas ini cukup mudah dilakukan dan bermanfaat membantu laju pernafasan kamu, sehingga dapat membuat nafasmu lebih dalam dan lebih efektif. Cara yang harus kamu lakukan yakni dengan merelaksasikan otot leher dan bahu kamu. Pertama, kamu perlu menutup mulut saat menghirup udara, lalu ambil nafas secara perlahan melalui hidung dalam dua hitungan, kemudian buang nafas pelan-pelan melalui celah bibir atau mulut sampai hitungan keempat.

Berdiri menyandar dinding

Hal kedua yang bisa kamu praktikkan menjadi cara mengatasi sesak nafas pada malam hari adalah dengan berdiri menyandar dinding. Dengan berdiri menyandar pada dinding, kamu bisa turut merilekskan tubuh dan saluran pernafasanmu.

Berbaring santai

Ada hal lain yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi sesak nafas pada malam hari, yakni dengan berbaring santai. Cobalah untuk bernafas dengan berbaring menyamping dengan memosisikan bantal di antara kedua kaki dan kepala ditumpukan pada bantal agar menjadi sedikit lebih tinggi. Selama berbaring usahakanlah punggung tetap dalam kondisi lurus.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sesak nafas, selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal pada Bayi dan Anak Secara Alami dan Cepat
Artikel Selanjutnya
Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering Secara Cepat dan Alami pada Bayi