Sukses

Lifestyle

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami dengan Cepat dan Ampuh Tanpa Obat

Fimela.com, Jakarta Sakit gigi memang terkesan hal yang kecil, tapi jangan pernah meremehkannya. Sakit gigi adalah masalah umum yang terjadi pada gigi dan mulut. Rasa sakit dan ngilu yang ditimbulkan bisa mengganggu aktivitas, kenyamanan, bahkan suasana hati sekalipun. Maka tak heran jika ada ungkapan ‘lebih baik sakit hati daripada sakit gigi’.

Rasa ngilu dan nyeri dari sakit gigi kadang tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa sakit hingga gusi dan mulut. Umumnya orang yang sakit gigi engga ke dokter dikarenakan alasan biaya sampai rasa takut ke dokter gigi. Lantas bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi? Simak cara-cara berikut!

 

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami

Cara menyembuhkan sakit gigi tidak melulu harus ke dokter atau menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa cara yang cukup mudah yang pastinya dapat diterapkan dirumah.

Cara menyembuhkan sakit gigi secara alami dengan es batu

Es batu yang ada didalam freezermu bida jadi cara menyembuhkan sakit gigi secara alami. Sensasi es batu yang dingin dapat mengurangi rasa sakit gigi yang kamu rasakan.

Caranya cukup mudah:

  1. bungkus beberapa es batu dengan handuk kecil
  2. tempelkan es batu pada daerah luar gigi yang sakit selama kurang lebih 15-20 menit
  3. ulangi sebanyak 2-3 kali sehari sampai sakit yang kamu rasakan berkurang.

Cara menyembuhkan sakit gigi secara alami dengan pijatan

Pijat tidak hanya untuk tubuh yang pegal pegal, melainkan bisa juga untuk cara menyembuhkan sakit gigi. Teknik pijatan yang dilakukan bisa dengan pijat akupresur atau pijat refleksi. Pijatan ini berguna untuk merelaksasi syaraf pada gigi kamu sehingga mengurangi rasa sakit. Caranya pijatan disesuaikan dan dilakukan di beberapa titik seperti wajah, telapak tangan, dan kaki secara bergantian.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Cepat

Rasa sakit gigi yang mengganggu seringkali membuat kita untuk mencari cara menyembuhkan sakit gigi tersebut dengan cepat. Hal ini ditambah lagi dengan penyebab dan akibat dari sakit gigi itu sendiri, seperti gigi berlubang dan gusi bengkak.

Cara menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang

Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi mengalami pengikisan bagian luar hingga ke bagian dalam sampai membentuk sebuah lubang. Faktor yang memicu gigi berlubang salah satunya adalah makan makanan manis. Gigi berlubang inilah yang membuatmu sakit gigi. Jika tidak segera diatasi, maka lubang gigi akan semakin besar sehingga terjadi infeksi serta rasa sakit yang luar biasa.

Beberapa cara menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang antara lain tambal gigi (filling) dan cabut gigi. Namun, cara-cara ini harus dilakukan oleh tenaga medis yang terpercaya.

Cara menyembuhkan sakit gigi dan gusi bengkak

Selain nyeri, kemungkinan besar sakit gigi akan diikuti pembengkakan pada gusi di sekitar gigi. Tanda awal gusi bengkak adalah adanya darah saat menggosok gigi. Penyebab gusi bengkak yang paling umum adalah menumpuknya plak gigi yang disebabkan oleh perawatan mulut yang tidak konsisten.

Gangguan ringan dari gusi bengkak dapat diatasi antara lain dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta melakukan prosedur scalling untuk membersihkan plak gigi.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Ampuh dan Tanpa Obat

Sampai saat ini banyak obat-obatan atau cara pengobatan alternatif yang tersedia untuk cara menyembuhkan sakit gigi. Tetapi, tidak semuanya efektif untuk memulihkan kembali kondisi gigi. Berikut cara menyembuhkan sakit gigi dengan ampuh menurut siapa yang mengalaminya.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan ampuh dan tanpa obat pada anak

Sakit gigi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak. Sakit gigi pada anak tidak hanya menyakitkan untuk dirinya sendiri tapi juga membuat resah orang tua. Saat sakit gigi, anak biasanya rewel, susah makan, bahkan sulit tidur.

Berikut beberapa cara menyembuhkan sakit gigi dengan ampuh dan tanpa obat pada anak yang bisa kamu lakukan:

  • Kumur menggunakan air hangat atau air garam.
  • Membersihkan sisa sisa makanan dengan benang gigi.
  • Untuk mengurangi rasa nyeri, campur beberapa tetes minyak cengkeh dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian oles ke gigi yang sakit dengan kapas.
  • Tempelkan kompres dingin ke bagian gigi yang sakit agar mengurangi rasa nyeri.
  • Segeralah ke dokter bila diperlukan.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan ampuh dan tanpa obat pada ibu hamil

Penyebab sakit gigi pada ibu hamil bisa bermacam macam, mulai dari perubahan hormon, muntah yang berulang, sampai karena kekurangan kalsium. Sakit gigi pada ibu hamil lebih merepotkan karena ibu hamil hanya boleh menggunakan obat-obatan tertentu, karena jika tidak bisa membahayakan janin.

Namun, ada beberapa cara menyembuhkan sakit gigi dengan ampuh tanpa obat bagi ibu hamil.

Air garam

Kandungan air garam mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Disarankan untuk kumur dengan air garam 2-3 kali dalam sehari.

Mengunyah bawang putih

Bawang putih dapat bermanfaat untuk meredakan sakit gigi yang aman untuk ibu hamil. Caranya dengan mengunyah potongan bawang putih pada bagian gigi yang sakit.

Mengompres bagian gigi yang sakit

Ibu hamil juga disarankan untuk mengompres giginya yang sakit. Gunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam air hangat lalu dikompres ke daerah gigi yang sakit. Hal ini membantu meningkatkan sirkulasi yang aktif dan system kekebalan tubuh yang berguna mengatasi sakit gigi.

 

 

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

;
Loading