Sukses

Lifestyle

Fimela Fest: Praktik Self Love Dimulai dengan Mengatur Keuangan Secara Tepat

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri atau self love memang tidak mudah dilakukan. Hidup di kota besar dengan gaji pas-pasan terkadang menjadi alasan untuk tidak menerapkan self love. Padahal kita masih bisa memanjakan diri sebagai bentuk self love meski gaji kita pas-pasan.

Untuk itu, diperlukan pengaturan keuangan secara tepat sehingga kita masih bisa merasakan hasil dari kerja keras kita. Dalam sebuah wawancara, Prita Ghozie yang merupakan Financial Planner menuturkan bahwa seseorang dengan gaji pas-pasan bisa melakukan pengaturan keuangan sebagai berikut.

1. Budgeting

Ini menjadi hal pertama yang perlu dilakukan jika kita memiliki gaji pas-pasan. Budgeting ini membantu kita dalam membuat rencana keuangan setiap bulan. Kita pun menjadi tahu dengan pasti penghasilan setiap bulan itu akan digunakan untuk apa saja.

 

2. Perencanaan yang sederhana

Tidak perlu muluk-muluk dalam perencanaan keuangan. Yang penting semua kebutuhan bisa terpenuhi. Jika memungkinkan sisihkan sedikit untuk tambahan tabungan. Disarankan pengaturan keuangan dibagi menjadi tiga, yakni 50 persen untuk pos living yang meliputi uang sewa kos, transportasi dan makan setiap harinya. Kemudian 30 persen untuk pos saving dan 20 persen untuk pos playing.

3. Membagi rekening

Ketika memiliki gaji pas-pasan disarankan untuk membagi rekening menjadi dua saja. Satu rekening untuk tabungan yang digunakan untuk menabung gaji kita. Kemudian digunakan untuk membayar tagihan sekaligus menjadi penyimpanan dana darurat. Sementara rekening lain digunakan untuk dompet elektronik yang biasa digunakan untuk jajan kekinian.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

;
Loading