Sukses

Lifestyle

Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Anak dengan Kompres secara Cepat dan Alami

Fimela.com, Jakarta Suhu tubuh normal pada anak adalah 36,5 - 37, 5° celcius, sehingga manakala suhu tubuh mencapai lebih dari 38° celcius maka bisa disebut panas tinggi atau demam. Demam merupakan mekanisme alami tubuh dalam melawan infeksi. Munculnya panas tinggi pada anak menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh anak sedang bekerja memerangi flu atau infeksi lain.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas tinggi pada anak, baik secara alami maupun melalui pengobatan. Berikut ini akan kami bagikan tips cara menurunkan panas tinggi pada anak dengan kompres secara cepat dan alami.

Cara Menurunkan Panas pada Anak dengan Kompres

Cara menurunkan panas pada anak dengan kompres seringkali dilakukan, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar penggunaan kompres menjadi ampuh menurunkan panas. Berikut hal yang harus kamu perhatikan.

Kompres menggunakan air hangat

Kebanyakan orang tua mengompres anaknya yang sedang panas menggunakan air dingin, agar suhu tubuhnya segera menurun. Yang justru harus kamu lakukan adalah mengompres dengan menggunakan air hangat. Dengan menggunakan air hangat, pori-pori tubuh akan terbuka dan melepaskan panas yang ada di dalam tubuh. Hal inilah yang tepat dilakukan sebagai cara menurunkan panas pada anak dengan kompres.

Jangan menaruh kompres di dahi

Hampir setiap orang yang mengompres badan yang panas, meletakkan kompres itu pada dahi. Padahal, meletakkan kompres di dahi tidak menurunkan panas secara efektif. Cara menurunkan panas pada anak dengan kompres yang benar adalah dengan meletakkan kompres di daerah lipatan, seperti pada bagian, ketiak, lengan dan paha.

Jangan menyelimuti anak

Kebiasaan menyelimuti anak saat sedang demam adalah cara yang salah. Tindakan tersebut justru meningkatkan suhu tubuh anak, bahkan dapat menyebabkan anak menjadi kejang hingga kehilangan kesadaran. Sebisa mungkin, gunakan pakaian yang tipis atau berlengan pendek agar panas tubuhnya bisa keluar lewat pori-pori.

Cara Menurunkan Panas Tinggi pada Anak

Panas tinggi yang terjadi pada anak bisa terjadi karena efek imunisasi, maupun infeksi yang terjadi dalam tubuh anak. Namun kamu tidak perlu kuatir, berikut akan kami bagikan cara menurunkan panas tinggi pada anak.

Memberikan asupan vitamin C

Cara menurunkan panas tinggi pada anak dapat dilakukan dengan memberikan asupan vitamin C. Vitamin C memiliki sifat anti radang yang bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan radang yang bisa jadi merupakan penyebab demam pada anak. Selain bersifat anti radang, Vitamin C juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Berikan vitamin C sesuai dosis yang sesuai untuk usia anak-anak.

Memberikan parasetamol atau ibuprofen

Parasetamol dan Ibuprofen merupakan obat yang ampuh digunakan sebagai cara menurunkan panas tinggi pada anak. Berikan parasetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang diperlukan. Perlu diingat, bahwa ibuprofen tidak dianjurkan diberikan kepada anak di bawah usia enam bulan.

Cara Cepat Menurunkan Panas pada Anak

Ketika anak mengalami demam, orangtua cenderung mencari cara cepat menurunkan panas pada anak. Berikut adalah tips cara menurunkan panas pada anak dengan cepat.

Menyeka tubuh dengan air hangat

Cara cepat menurunkan panas pada anak adalah dengan menyeka tubuh anak menggunakan air hangat dengan suhu antara 29 -34 derajat celcius. Ketika menyeka tubuh anak, gunakan handuk kecil atau waslap. Air hangat yang mengenai kulit anak akan membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak sedikit menurun.

Memijat tubuh anak

Memijat tubuh anak bisa menjadi salah satu cara menurunkan panas pada anak dengan cepat. Pijatan pada tubuh anak dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak gosok yang hangat, seperti minyak telon atau minyak kayu putih dengan tujuan membuka pori-pori pada tubuh anak dan membuat panas tubuhnya lebih mudah dikeluarkan.

Menggunakan ramuan bawang merah

Bawang merah yang mengandung minyak atsiri, bisa menjadi bahan tradisional yang dapat digunakan sebagai cara menurunkan panas pada anak dengan cepat. Rajang bawang merah dalam potongan kasar dan campurkan dalam minyak kayu putih, kemudian balurkan ke seluruh tubuh anak.

Cara Alami Menurunkan Panas pada Anak

Ketika anak mengalami demam, cara menurunkan panas pada anak secara alami jarang sekali digunakan. Orangtua yang panik seringkali memberikan obat-obatan dari bahan kimia. Namun ada cara alami menurunkan panas pada anak dengan menggunakan obat tradisional. Inilah cara alami yang bisa kamu gunakan.

Mengonsumsi temulawak

Temulawak bisa digunakan sebagai salah satu cara menurunkan panas pada anak secara alami. Temulawak memiliki zat aktif seperti germacrene, xantorrhizol, alpha beta curcumena yang bermanfaat sebagai anti inflamasi, antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu.

Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan mencuci bersih 10 gram rimpang temulawak, kemudian parut dan tambahkan 1/2 gelas air hangat, lalu diaduk. Diamkan beberapa saat sampai dingin, lalu peras dan ambil sarinya. Campurkan dengan 2 sdm madu bunga kapuk, lalu aduk rata. Bagilah menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari.

Mengonsumsi kunyit

Kunyit memiliki kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang bisa kamu gunakan sebagai cara menurunkan panas pada anak secara alami. Kandungan antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi yang terkandung dalam kunyit berguna untuk menurunkan panas dan dapat pula meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara yang harus kamu lakukan yaitu dengan mencuci bersih 10 gram umbi kunyit, lalu parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, kemudian aduk rata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Tambahkan perasan 1/2 jeruk nipis dan 2 sdm madu bunga kapuk, lalu aduk rata. Bagilah menjadi 3 bagian madu dan kunyit, kemudian berikan 3 kali sehari.

 

Demikianlah berbagai tips cara menurunkan panas tinggi pada anak secara cepat dan alami. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
Bolehkah Mandi saat Demam? Ini Jawaban Dokter
Artikel Selanjutnya
Cara Menurunkan Demam Tinggi pada Anak dan Orang Dewasa tanpa Obat, dengan Cepat secara Alami