Sukses

Lifestyle

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Es Krim dan Gelato

Fimela.com, Jakarta Saat cuaca panas, menikmati segelas atau semangkuk kecil es adalah kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika es yang dinikmati berupa es krim dan gelato. Tak hanya bermanfaat mengatasi masalah dahaga, mengonsumsi es krim dan gelato juga bermanfaat menenangkan pikiran.

Ngomongin soal gelato dan es krim, banyak yang beranggapan bahwa gelato dan es krim adalah produk yang sama. Penampilannya yang mirip membuat banyak orang kesulitan membedakan mana yang gelato dan mana yang es krim.

Melansir dari laman Lipuan6.com, gelato dan es krim sebenarnya dua produk makanan berbeda. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa perbedaannya?

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Bahan

Gelato dan es krim sama-sama terbuat dari tiga bahan utama yakni susu, gula dan udara. Yang membedakan adalah porsi bahan-bahan ini. Es krim mencampurkan bahan berupa susu, gula dan kuning telur dengan takaran merata. Sedangkan gelato menggunakan bahan susu lebih banyak di dalamnya. Untuk gelato terkadang tidak ditambahkan bahan kuning telur di dalamnya.

Tekstur dan Rasa

Es krim memiliki tekstur yang lebih lembut dan ringan karena kandungan udara di dalamnya yang cukup besar. Rasa es krim harus dicerna dengan baik karena teksturnya yang lembut. Sedangkan untuk gelato, teksturnya lebih padat dan sedikit padat. Ini sangat memungkinkan penikmat gelato mencerna semua rasanya dengan sangat mudah dan cepat.

Kandungan Gizi

Food and Drug Administratoon (FDA) menyebutkan jika es krim adalah produk olahan susu dengan hampir 10% kalori yang berasal dari lemak. Es krim mengandung banyak gula di mana satu porsi es krim vanila ukuran 1/2 cup (78 gram) bisa mengandung 210 kalori dan 16 gram gula total. Untuk gelato, biasanya mengandung lemak yang jauh lebih rendah sekitar 4 - 9%. Hampir sama dengan es krim, kandungan gula dalam gelato juga tinggi yakni kalori sebesar 210 kalori dan 17 gram gula untuk gelato berukuran 1/2 cup (78 gram).

Cara Penyajian

Es krim biasanya disajikan dengan cara diambil menggunakan sendok bulat dan diletakkan di gelas, mangkok atau cone es krim. Es krim juga bisa disajikan dengan cara diletakkan di atas selembar roti tawar. Untuk gelato, cara penyajiannya cukup tradisional dengan disajikan pada suhu sekitar 6 sampai 8 derajat celcius. Gelato biasanya disajikan dengan cara diambil menggunkan spatula datar yang disebut sekop dan diletakkan pada gelas, mangkok atau cone saji.

Itulah perbedaan es krim dan gelato. Meski kedua makanan ini sering dikira sebagai produk makanan sama, sebenarnya keduanya adalah makanan dengan perbedaan signifikan di dalamnya.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 1
;
Loading