Sukses

Lifestyle

15 Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan di Hari Pertama dengan Cepat, tanpa Obat dan secara Alami

Fimela.com, Jakarta Nyeri haid adalah nyeri atau kram di perut bagian bawah, bisa muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Nyeri haid pada sebagian perempuan bisa bersifat ringan, namun bisa juga bersifat parah yang sampai mengganggu aktivitas.

Nyeri haid muncul akibat kontraksi otot rahim untuk melepaskan dan mengeluarkan lapisan dalam dinding rahim. Kontraksi ini membuat terjepitnya pembuluh darah yang mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke rahim dan menimbulkan rasa nyeri. Berikut kami rekomendasikan cara mengatasi nyeri haid.

Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Cepat

Nyeri haid seringkali tidak dapat dihindari dan bisa juga sampai mengganggu aktivitas. Berikut adalah tips cara mengatasi nyeri haid dengan cepat.

Kompres air hangat

Kompres air hangat bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Suhu hangat akan memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah dan suplai oksigen menjadi lancar. Cara ini akan melemaskan otot yang menegang dan kaku.

Kamu bisa merendam handuk pada air hangat (40-50° C) lalu memeras handuk dan menempelkan pada perut. Atau bisa juga dengan mengisi botol dengan air panas, balut botol dengan waslap sebelum ditempelkan pada kulit. Kamu bisa mengulangi cara ini beberapa kali, dengan memberikan jeda sebelum mengulanginya.

Minum teh chamomile

Meminum teh chamomile bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Teh chamomile mengandung hippurate yang bertugas melawan peradangan dan dapat membantu mengurangi produksi prostagladin sehingga dapat meredakan nyeri haid.

Minum teh jahe

Jahe menjadi bahan alami yang efektif dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit, sehingga bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi nyeri haid dengan cepat. Caranya yakni seduh potongan jahe bersama daun teh dalam air panas. Tambahkan sedikit madu agar lebih nikmat dan minum selagi hangat.

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang Berlebihan

Nyeri berlebihan pada periode menstruasi disebut stagnasi, yakni ketika perempuan merasa kekurangan energi. Berikut akan bagikan cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan.

Memperbaiki pola makan

Ketika nyeri dirasakan begitu parah, kamu bisa memperbaiki pola makan sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Kamu bisa mengurangi lemak dan meningkatkan konsumsi sayuran agar nyeri yang timbul dapat berkurang.

Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Kandungan magnesium akan meringankan nyeri dan membantu mengatur fungsi saraf dan otot.

Minum suplemen

Menurut penelitian, suplemen vitamin D dapat mengurangi nyeri haid. Untuk itu, konsumsilah suplemen vitamin D, suplemen vitamin E, asam lemak omega 3, vitamin B1 dan B6 sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan.

Cara Mengatasi Nyeri Haid tanpa Obat

Nyeri haid setidaknya terjadi pada beberapa wanita, baik ringan maupun parah. Sebelum meminum obat, ada baiknya kamu mencoba rekomendasi cara mengatasi nyeri haid tanpa obat berikut ini.

Akupunktur

Salah satu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat yaitu dengan akupunktur. Akupunktur dapat meringankan efek kram perut akibat haid.

Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti jogging ringan atau senam aerobik, sebenarnya bisa menjadi salah satu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat. Berolahraga membuat peredaran darah menjadi lancar dan membantu mengendurkan otot serta meningkatkan suplai darah ke panggul.

Mengurangi stres

Saat haid, stres bisa membuat kram perut semakin parah. Untuk itu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat bisa dilakukan dengan mengurangi stres, seperti menonton film, jalan-jalan maupun meditasi.

Cara Mengatasi Nyeri Haid secara Alami

Nyeri haid tidak harus diatasi dengan obat-obatan, kamu bisa menggunakan cara alami sebagai cara mengatasi nyeri haid. Yuk, simak informasinya.

Aromaterapi

Minyak aromaterapi bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid secara alami. Gosokkan minyak aromaterapi mawar, lavender, cengkeh atau kayu manis di daerah yang sakit agar dapat meredakan kram.

Minum air putih

Nyeri haid bisa terjadi karena dehidrasi, untuk itu minum air putih yang cukup bisa menjadi cara mengatasi nyeri haid secara alami. Dengan cukupnya asupan cairan dalam tubuh, nyeri haid dapat terhindarkan.

Melakukan pemijatan

Saat mengalami nyeri haid, ada baiknya kamu memberikan pijatan pada perut dan punggung dengan gerakan memutar secara perlahan. Selain itu, cara mengatasi nyeri haid secara alami bisa kamu praktikkan dengan berbaring terlentang sambil menaikkan kaki ke atas atau berbaring miring sambil menekuk lutut.

Cara Mengatasi Nyeri Haid di Hari Pertama

Haid di hari pertama seringkali menimbulkan nyeri yang begitu parah, karena terjadinya kontraksi rahim dan terjadinya ketegangan mulut rahim. Berikut adalah tips cara mengatasi nyeri haid di hari pertama.

Konsumsi zat besi

Saat hari pertama mengalami haid, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti sayur bayam, ubi merah dan kacang-kacangan. Kandungan zat besi mengurangi resiko mengalami anemia, sehingga bisa kamu jadikan cara mengatasi nyeri haid di hari pertama.

Lakukan gerakan yoga

Salah satu cara mengatasi nyeri haid di hari pertama yakni dengan melakukan gerakan yoga. Gerakan cat pose berfungsi meningkatkan fleksibilitas otot punggung.

Mulailah pada pose all fours, dimana kedua tangan diletakkan di bawah bahu dan kedua lutut di bawah pinggul. Gunakan embusan napas untuk menarik pusar ke arah tulang belakang seperti kucing. Kamu bisa melakukan gerakan ini 10 kali dan punggungmu akan terasa lebih rileks.

Berbaring sejenak

Saat mengalami nyeri haid di hari pertama, kamu seringkali merasa lemas dan tidak ada tenaga untuk beraktivitas. Ada baiknya, kamu berbaring sejenak sebagai cara mengatasi nyeri haid di hari pertama. Berbaringlah dengan menggunakan bantal untuk menyangga kepala.

 

Nyeri haid tidak harus diatasi dengan obat-obatan. Ada banyak cara mengatasi nyeri haid secara alami yang bisa kamu praktikkan. Selamat mencoba, semoga berhasil..

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

;
Loading