Sukses

Lifestyle

Mengenal Varian Ubi Jalar Paling Populer di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Ubi jalar merupakan jenis tanaman budidaya. Ubi jalar termasuk ke dalam jenis tanaman umbi-umbian. Tanaman ini kaya akan karbohidrat dan sumber nutrisi lainnya. Secara umum, ubi jalar memiliki cita rasa manis yang menggugah selera. Tekstur ubi jalar juga khas sehingga cocok dijadikan menu pengganti untuk makanan pokok sehari-hari.

Selain bisa dimanfaatkan umbinya, ubi jalar juga bisa dimanfaatkan daunnya. Daun ubi jalar yang masih muda bisa diolah menjadi sayuran lezat dengan cara dimasak tumis, rebus atau kukus.

Bicara mengenai ubi jalar, mari kita mengenal lebih banyak varian ubi jalar. Berikut varian ubi jalar yang paling populer di Indonesia.

Varian Ubi Jalar

Ubi Jalar Ungu

Varian pertama ada ubi jalar ungu. Ubi ini memiliki warna ungu pada bagian kulit maupun isinya. Beberapa ubi jalar ungu juga memiliki daun warna ungu saat masih muda atau baru bertunas.

Ubi Jalar Oranye

Ubi jalar oranye memiliki warna oranye pada kulit maupun bagian dalamnya. Rasa ubi jalar ini manis dengan tekstur yang lebih lembut serta berair. Ubi ini kaya akan betakaroten. Ubi jalar oranye cocok diolah menjadi kolak, puding atau campuran kue.

Ubi Jalar Putih

Varian selanjutnya ada ubi jalar putih. Ubi jalar ini memiliki isi berwarna putih dengan tekstur yang lebih padat. Ubi jalar putih memiliki cita rasa yang manis. Untuk ubi jalar putih ada yang bagian kulitnya berwarna kuning, merah dan ungu.

Ubi Jalar Kuning

Ubi jalar ini memiliki isi berwarna kuning. Untuk kulitnya, biasanya kulitnya berwarna orange kekuningan. Ada pula ubi jalar kuning dengan warna kulit merah.

Ubi Cilembu

Ubi jalar Cilembu merupakan ubi jalar yang khas dari daerah Cilembu, Jawa Barat. Ubi ini memiliki warna kulit krem. Warna daging atau isi umbi adalah krem kekuning-kuningan. Rsa ubi cilembu sangat manis sehingga cocok diolah menjadi ubi rebus atau ubi bakar.

Itulah beberapa varian ubi jalar yang paling populer di Indonesia. Dari berbagai varian ubi jalar yang ada, mana nih yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela?

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Stik Ubi Jalar yang Manis Gurih