Sukses

Lifestyle

Susah Buang Air Besar saat Haid? Coba Atasi dengan 3 Tips Ini

Fimela.com, Jakarta Saat sedang haid, tubuh biasanya akan terasa sangat tidak nyaman. Bahkan bisa memengaruhi sistem pencernaan kita, seperti membuat kita jadi susah buang air besar. Perubahan hormon progesteron dan estrogen merupakan faktor terbesar yang memengaruhi kondisi ii.

Sejumlah masalah kesehatan lain bisa meningkatkan risiko terjadinya sembelit saat haid. Dilansir dari healthline.com, irritable bowel syndrome (IBS) dan endometriosis misalnya bisa membuat kita berisiko tinggi mengalami sembelit saat haid, khususnya pada hari-hari pertama haid. Sembelit biasanya terjadi dengan disertai nyeri haid yang cukup parah.

Untuk mengatasi kondisi ini, ada tiga tips dasar yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya di bawah ini.

1. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Karena faktor perubahan kadar hormon, sistem pencernaan bisa melambat. Untuk itu kita perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi lebih banyak serat. Beberapa makanan yang diyakini bisa bantu atasi sembelit, antara lain buah apel, kacang-kacangan, lentil, sayuran hijau, dan gandum utuh. Satu hal penting yang perlu digarisbawahi adalah konsumsi makanan tersebut secara perlahan. Karena bila makanan berserat dikonsumsi terlalu buru-buru, nantinya perut bisa kembung.

 

2. Minum Banyak Air

Tak hanya minum air putih, kita juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak kuah seperti sup. Susah buang air besar saat haid bisa terjadi bila tubuh kekurangan cairan. Jika bosan dengan air putih, cobalah minum air putih hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk lemon.

3. Luangkan Waktu untuk Olahraga

Ya, memang saat sedang haid rasanya sangat sulit untuk menggerakkan tubuh dengan aktif. Coba luangkan waktu untuk olahraga. Tak perlu langsung melakukan olahraga yang sulit. Jalan kaki santai selama 20 menit bisa memberi pengaruh positif yang cukup besar.

Untuk mencegah sembelit, hindari konsumsi makanan olahan dan makanan yang tinggi lemak, gula, dan pati. Menjelang haid, perhatikan pola makan dan minummu. Mengonsumsi probiotik juga bisa cukup membantu untuk mengatasi konstipasi dan gangguan pencernaan.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading