Sukses

Lifestyle

Minum Air Es, Benarkah Membuat Tubuh Makin Gemuk?

Fimela.com, Jakarta Mengonsumsi air merupakan hal yang penting dilakukan oleh semua orang. Ketika seseorang ingin memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal, wajib baginya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya dengan sebaik mungkin.

Mengenai konsumsi air, ada banyak orang menganggap bahwa minum air dingin bisa meningkatkan risiko kegemukan. Tidak sedikit orang yang percaya jika mengonsumsi air dingin atau air es bisa membekukan lemak dalam tubuh dan membuat gemuk. Benarkah dengan anggapan ini?

Penelitian Tentang Minum Air Es

Penelitian yang dilakukan para ahli dan dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan jika air dingin atau air es yang dikonsumsi tidak akan membuat gemuk. Mengonsumsi air es justru bisa membantu menaikkan suhu tubuh.

Beberapa studi menyebutkan jika air es tidak mungkin membekukan lemak dalam tubuh. Namun, jika air es dicampur dengan gula, sirup, susu atau bahan makanan manis lainnya, ini besar kemungkinan akan membuat tubuh gemuk. Kalori dan glukosi pada tambahan di air es lah yang berperan penting dalam meningkatkan berat badan atau tidak. Jika air es diminum tanpa tambahan apa-apa, ini tidak akan bikin gemuk.

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Ottawa menemukan jika dalam kondisi tertentu, minuman dingin baik untuk menaikkan suhu tubuh. Sedangkan air hangat adalah pilihan terbaik untuk menurunkan suhu tubuh.

Minum air es bisa membuatmu gemuk sebenarnya hanya mitos belaka. Tapi jika air es dicampur dengan bahan minuman lain yang mengandung kalori dan glukosa, ini yang nantinya bikin gemuk. Semoga informasi seputar kesehatan ini bermanfaat.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading