Sukses

Lifestyle

5 Tips Simpel Bantu Redakan Nyeri Otot setelah Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Bagi yang jarang olahraga lalu mulai berolahraga, biasanya akan mengalami nyeri otot. Otot yang sudah lama tak digunakan lalu digunakan untuk beraktivitas lebih berat dari biasanya dapat menyebabkan nyeri. Kalau sudah begini, berkegiatan jadi tak nyaman sama sekali.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk bantu redakan nyeri otot setelah berolahraga. Untuk mempercepat proses pemulihan, kita bisa memulainya dengan melakukan sejumlah hal sederhana seperti hal-hal berikut ini.

1. Pemanasan Selama 10-15 Menit

Dilansir dari henryford.com, disarankan untuk melakukan pemanasan selama sekitar 15 menit sebelum berolahraga. Sekadar jalan di tempat bisa dilakukan. Pastikan otot yang akan kita gunakan saat berolahraga sudah dalam keadaan hangat ketika dipakai berolahraga. Dengan begini, kita bisa mencegah terjadi cedera dan nyeri otot seusai olahraga.

2. Minum Air Putih

Dehidrasi adalah musuh terbesar pemulihan otot tubuh. Bila ingin nyeri otot bisa segera pulih, maka kita perlu cairan yang cukup masuk ke dalam tubuh. Jika melakukan olahraga yang intens dan lama, coba minum segelas air setiap 30 menit sekali.

 

3. Pendinginan Selama 15 Menit

Setelah sesi olahraga selesai, coba lakukan pendinginan dengan melambatkan gerakan tubuh secara perlahan. Stabilkan kembali detak jantungmu dengan pendinginan selama sekitar 15 menit. Pendinginan dapat mencegah terjadinya penumpukan cairan di otot dan sendi tubuh.

4. Pijat Area Otot yang Nyeri

Pijat lembut area otot yang terasa nyeri untuk membuatnya lebih rileks. Lemaskan sendi otot untuk membantu otot tubuh lebih rileks. Dengan pijatan lembut, aliran darah pun bisa lebih lancar dan membantu proses pemulihan.

5. Tetap Lakukan Aktivitas Ringan

Melakukan aktivitas ringan atau tetap menggerakkan tubuh dapat menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan mempercepat kemampuan tubuh untuk pulih dari nyeri otot. Jadi, tak apa kita untuk tetap berjalan dan melakukan aktivitas seperti biasa selama tidak terlalu intens.

Semoga info dan tips di atas bermanfaat untukmu, ya. Tetap semangat berolahraga demi menjaga kesehatan tubuhmu.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading