Sukses

Lifestyle

Cara Menghilangkan Varises Ringan di Kaki dengan Cepat secara Alami menggunakan Es Batu

Fimela.com, Jakarta Varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh penumpukan darah pada pembuluh darah tersebut. Varises seringkali timbul pada betis, karena tekanan besar ketika berdiri maupun berjalan.

Varises terjadi karena kelebihan berat badan, faktor keturunan, maupun kondisi lingkungan kerja yang menyebabkan seseorang harus berdiri dalam jangka waktu lama. Berikut akan kami bagikan tips cara menghilangkan varises ringan di kaki dengan cepat secara alami.

Cara Menghilangkan Varises dengan Es Batu

Es batu bisa digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan varises, yuk simak informasinya.

Menggunakan kompres dingin

Menggunakan kompres dingin merupakan cara menghilangkan varises dengan es batu yang bisa dilakukan dengan mudah. Berikut tahapan yang harus kamu lakukan.

  1. Masukkan es batu ke dalam kantong plastik
  2. Basahi handuk lalu gunakan sebagai pembungkus kantong plastik
  3. Tempatkan kompres pada kulit yang mengalami varises, selama 20 menit
  4. Keringkan kulit dengan handuk jika telah selesai.

Cara Menghilangkan Varises Ringan

Hampir 30% orang dewasa pernah mengalami varises, terutama orang yang lanjut usia, kelebihan berat badan dan orang yang menghabiskan aktivitasnya dengan terlalu banyak berdiri. Berikut tips cara menghilangkan varises ringan.

Rajin olahraga

Rajin olahraga bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan varises ringan. Selain membuat tubuh menjadi bugar, olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah di kaki. Olahraga yang bisa kamu lakukan yakni seperti menaikkan kaki, menaikkan betis, bersepeda, dan berenang.

Menjaga berat badan ideal

Orang yang kelebihan berat badan cenderung berkesempatan mengalami varises. Untuk itulah menjaga berat badan ideal bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan varises ringan. Hindarilah makanan yang mengandung lemak trans, gula, kafein, alkohol dan makanan olahan.

Gunakan minyak esensial

Minyak esensial bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dan memperlancar sistem peredaran darah. Gunakan minyak esensial cypress untuk memijat di area varises, dua kali sehari selama beberapa minggu.

Cara Menghilangkan Varises dengan Cepat

Varises seringkali menimbulkan rasa lelah, nyeri dan gatal. Untuk itulah varises harus segera diobati agar tidak semakin parah. Berikut kami bagikan cara menghilangkan varises dengan cepat.

Mengubah gaya hidup

Mengubah gaya hidup bisa menjadi cara menghilangkan varises dengan cepat. Berikut adalah perubahan gaya hidup yang bisa kamu terapkan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat.

  1. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama, tanpa mengubah posisi
  2. Lakukan aktivitas fisik untuk menguatkan otot kaki, supaya aliran darah menjadi lancar
  3. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan, sebaiknya kamu melakukan diet
  4. Hindarilah memakai pakaian yang ketat, terutama pada bagian pinggang, pangkal paha, dan kaki.

Cara Menghilangkan Varises di Kaki

Varises yang timbul di kaki bisa terjadi karena terlalu lama berdiri, terlalu lama duduk maupun karena menggunakan celana yang terlalu ketat. Yuk, simak cara menghilangkan varises di kaki berikut ini.

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai cara menghilangkan varises di kaki. Siapkan 1-2 jeruk nipis, potong menjadi dua bagian. Usapkan bagian dalam jeruk nipis pada bagian kaki yang terkena varises. Lakukan cara menghilangkan varises menggunakan jeruk nipis ini dua kali sehari, pagi dan malam secara rutin.

Kacang hijau

Kacang hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang hijau bisa kamu jadikan cara menghilangkan varises di kaki, yaitu dengan cara merebus segenggam kacang hijau di dalam dua gelas air. Kemudian, minumlah air rebusan itu dua kali sehari secara rutin.

Blackberry dan ceri

Salah satu cara menghilangkan varises di kaki yang bisa kamu coba yakni dengan mengonsumsi buah blackberry dan ceri. Kedua buah ini mengandung antosianin dan proanthocyanidins yang dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi resiko varises.

Kurangi kebiasaan menggunakan sepatu hak tinggi

Penggunaan sepatu hak tinggi membuat otot betis bekerja lebih berat, sehingga memungkinkan terjadinya varises. Mengurangi kebiasaaan menggunakan sepatu hak tinggi bisa kamu jadikan salah satu cara menghilangkan varises di kaki.

Cara Menghilangkan Varises secara Alami

Pengobatan terhadap varises tidak hanya bisa ditempuh melalui cara medis, namun bisa juga dilakukan secara mandiri di rumah. Berikut adalah rekomendasi cara mengilangkan varises secara alami.

Kubis

Kubis bisa menjadi alternatif cara menghilangkan varises secara alami. Kubis kaya akan antioksidan dan fitokimia yang mampu membantu pembekuan darah. Cara menghilangkan varises secara alami menggunakan kubis adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan 3 lembar kubis yang telah dipotong kecil-kecil
  2. Haluskan potongan tersebut menggunakan blender, lalu saring dan ambil ekstraknya
  3. Oleskan ekstrak kubis di daerah yang terkena varises, minimal tiga kali sehari.

Bawang putih

Salah satu cara menghilangkan varises secara alami yakni dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih dapat mendetoksifikasi darah sehinggan aliran darah menjadi lancar. Berikut cara yang bisa kamu praktikkan:

  1. Siapkan 5 siung bawang puting yang sudah dicincang halus, 3 buah jeruk nipis dan 2 sendok minyak zaitun
  2. Campurkan ketiga bahan tersebut dan masukkan dalam toples yang bersih, tutup rapat dan diamkan selama 12 jam
  3. Ketika akan menggunakannya, kocok terlebih dahulu
  4. Oleskan ramuan tersebut dengan cara menggosoknya secara melingkar pada kaki yang terkena varises dan diamkan semalaman
  5. Lakukan cara ini dua kali sehari secara rutin, minimal dalam satu bulan.

Biji Tomat

Biji tomat mengandung asam salisilat yang berfungsi sebagai antikoagulan. Bermanfaat untuk pembekuan darah dan dapat meningkatkan aliran darah, sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan varises secara alami. Cara membuat racikan dari biji tomat adalah seperti berikut:

  1. Potong 2 tomat dalam potongan kecil
  2. Blender sampai bertekstur halus
  3. Oleskan racikan ini pada kulit yang mengalami varises kira-kira 3-4 kali sehari
  4. Lakukan secara rutin minimal selama 2 bulan.

Minyak zaitun

Bahan alami lainnya yang bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan varises adalah minyak zaitun. Minyak zaitun bersifat anti-inflamasi, sehingga ketika dioleskan pada kulit akan menimbulkan rasa yang menyejukkan.

Siapkan minyak zaitun dalam wadah, kemudian panaskan. Balurkan pada kulit yang mengalami varises selama beberapa menit. Ulangi dua kali sehari selama minimal dua bulan.

 

Demikianlah tips cara menghilangkan varises yang bisa kamu coba. Semoga berhasil.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading