Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Diare pada Anak dan Orang Dewasa secara Alami di Rumah

Fimela.com, Jakarta Terjadinya diare pada tubuh dipengaruhi oleh kondisi kebersihan lingkungan yang tidak terjaga, kebiasaan tidak mencuci tangan, kontak dengan benda yang kotor, serta konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri atau parasit. Alergi, keracunan, serta gangguan pencernaan bisa juga mendorong terjadinya diare.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika kamu mengalami diare. Tidak perlu minum obat secara instan atau pun langsung ke dokter, kamu bisa melakukan perawatan awal secara alami di rumah. Berikut adalah berbagai cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengatasi Diare pada Anak

Diare pada anak bisa terjadi karena makanan mereka terkontaminasi kuman, parasit, atau virus. Berikut yang dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi diare pada anak.

Perhatikan asupan cairan untuk menghindari dehidrasi

Cara mengatasi diare pada anak yakni dengan mengganti cairan yang hilang dari tubuh anak. Pada bayi, diare dapat diatasi dengan pemberian ASI, sedangkan pada anak-anak, pemberian oralit bisa dipakai menjadi cara mengatasi diare.

Antisipasi malnutrisi dengan makanan sehat

Saat anak mengalami diare, berikanlah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti nasi putih, pisang, rebusan, daging, ayam, atau ikan. Hindarilah juga makanan berserat tidak larut sebagai cara mengatasi diare.

Jangan memberikan obat terlebih dahulu

Cara mengatasi diare yakni dengan menjaga tubuh anak tetap terhidrasi, dan jangan terlalu cepat memberikan obat diare. Lakukan perawatan secara alami, namun jika diare tidak segera membaik kamu bisa menghubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Diare pada Orang Dewasa

Diare pada orang dewasa seringkali terjadi karena kamu keracunan makanan. Makanan yang tidak steril dan terkontaminasi bakteri, membuat sakit perut melilit, mual dan buang-buang air. Berikut, tips cara mengatasi diare.

Minum air yang banyak

Saat diare, kamu akan kehilangan banyak cairan. Untuk itu disarankan minum air yang banyak untuk menggantikan cairan yang terbuang, sebagai cara mengatasi diare.

Istirahat

Cara mengatasi diare bisa juga dengan beristirahat. Berhentilah dari aktivitas dan beristirahatlah untuk memulihkan tenaga yang terpakai.

Hindari jenis makanan dan minuman tertentu

Cara mengatasi diare pada orang dewasa yakni dengan menghindari makanan yang mengandung gas, seperti kol atau brokoli, kemudian hindarilah juga makanan berlemak dan pedas. Selain itu, kamu juga harus menghindari alkohol dan kafein sebagai cara mengatasi diare.

Cara Mengatasi Diare secara Alami

Diare memang membuatmu tak nyaman, karena harus bolak-balik ke kamar kecil. Namun jangan buru-buru minum obat, ada cara alami yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi diare. Yuk, simak informasinya.

Air putih atau jus buah segar

Cara mengatasi diare secara alami bisa dengan mengonsumsi air putih atau jus buah segar yang tidak ditambah pemanis. Cairan yang kamu konsumsi bisa mencegah dehidrasi, untuk itu tingkatkan porsi cairan yang kamu minum secara perlahan.

Pisang

Mengonsumsi pisang menjadi salah satu cara mengatasi diare secara alami. Pisang yang mengandung kalium bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat terjadinya diare.

Selain itu, pisang mengandung serat dan pektin yang dapat menyerap cairan di usus. Makanlah satu atau dua buah pisang setiap hari untuk memulihkan kerja sistem pencernaan.

Kentang

Salah satu cara mengatasi diare secara alami yakni menggunakan kentang. Kentang mengandung kalium yang bisa meredakan diare.

Kupas bersih kulit kentang, kemudian kukus atau rebus dengan menambahkan sedikit garam. Konsumsilah sebagai menu makanan saat diare.

Wortel

Wortel bisa menjadi salah satu bahan alami yang dipakai sebagai cara mengatasi diare. Wortel mengandung pektin yang dapat membantu menyerap kelebihan cairan di usus sehingga feses yang dikeluarkan menjadi lebih padat. Kamu bisa mengolah wortel menjadi bubur ataupun sup.

Gandum

Cara mengatasi diare secara alami yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gandum, seperti roti, oatmeal maupun pasta gandum. Ketiga makanan tersebut mengandung sedikit serat sehingga mudah dicerna oleh sistem pencernaan yang sedang bermasalah.

Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang berfungsi memelihara kesehatan saluran pencernaan dan melindungi organ tersebut dari infeksi bakteri dan virus. Maka tak ada salahnya memilih yogurt sebagai cara mengatasi diare.

Cara Mengatasi Diare di Rumah

Saat mengalami diare di rumah, kamu harus segera menanganinya agar tidak semakin parah dan mengganggu aktivitas. Berikut adalah rekomendasi cara mengatasi diare di rumah.

Sup kuah kaldu ayam

Kuah sup ayam bisa menjadi cara mengatasi diare di rumah, karena dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Sup kuah kaldu ayam relatif mudah dicerna, sehingga memudahkan kerja saluran pencernaan. Tambahkan potongan sayuran, daging ayam, juga kentang untuk memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan.

Oralit

Oralit adalah jenis cairan yang direkomendasikan menjadi cara mengatasi diare. Setiap kali muntah atau diare, minumlah segelas oralit dengan diselingi minum air putih 1,5 liter per hari.

Daging kukus

Salah satu cara mengatasi diare di rumah yakni dengan mengonsumsi daging kukus. Daging sapi, ayam, dan ikan merupakan sumber protein yang bisa menjadi cara mengatasi diare, sebab berfungsi untuk mengatasi peradangan pada sistem pencernaan.

Teh Jahe

Konsumsi teh jahe dipercaya menjadi salah satu cara mengatasi diare di rumah, karena mengandung antibakteri yang berguna mencegah pertumbuhan bakteri penyebab diare seperti E.coli dan Salmonella. Selain itu, jahe juga mampu mengurangi rasa mual, muntah dan kram perut.

Teh chamomile

Selain teh jahe, konsumsi teh chamomile juga dipercaya menjadi salah satu cara mengatasi diare. Teh chamomile memiliki sifat antiradang yang meredakan peradangan, memperbaiki kerusakan usus serta menenangkan kram usus.

BRAT (Banana, Rice, Applesauce, and Toast)

BRAT merupakan pola makan yang direkomendasikan sebagai cara mengatasi diare, karena memiliki kandungan serat yang rendah. Pola makan ini hanya perlu kamu lakukan semasa diare, agar membuat feses menjadi lebih padat.

 

Demikianlah tips cara mengatasi diare secara alami di rumah. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Loading