Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Masakan Kari dan Opor

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan warisan kuliner yang mengesankan dan beraneka ragam. Ada banyak makanan yang tampilannya sangat mirip atau sekilas sama tapi ternyata memiliki perbedaan signifikan. Makanan yang terlihat sangat mirip namun berbeda antaranya adalah kari dan opor.

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan masakan kari juga masakan opor. Kedua masakan ini sama-sama merupakan bersantan dengan bumbu rempah melimpah dan memiliki cita rasa khas. Di balik tampilannya yang nyaris sama atau serupa, kedua makanan ini ternyata berbeda lho.

Perbedaan Kari dan Opor

Kari

Masakan kari khas Indonesia merupakan masakan yang diadaptasi dari masakan kari khas India. Masakan kari bisa ditemukan dengan mudah di daerah-daerah Sumatera seperti Aceh, Padang dan Pelembang. Masakan kari didominasi dengan rasa pedas gurih. Umumnya kari dibuat dengan bahan utama daging kambing, sapi, kerbau, bebek atau ayam.

Masakan kari menggunakan beragam bumbu rempah di dalamnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri dan masih banyak lagi. Masakan ini juga menggunakan bahan santan di dalamnya untuk menciptakan cita rasa lebih gurih. Yang membedakan masakan kari dengan makanan berkuah santan lain adalah adanya tambahan bumbu berupa daun kari atau daun salam koja.

Masakan kari akan sangat nikmat jika disajikan bersama nasi putih, roti atau makanan pokok lainnya.

Opor

Masakan opor merupakan masakan yang identik dengan Hari Lebaran. Meski begitu, opor juga bisa dimasak sebagai menu masakan sehari-hari. Masakan opor juga menggunakan bumbu dari beraneka ragam rempah. Masakan ini juga menggunakan kuah santan di dalamnya.

Masakan opor berasal dari tanah Jawa tepatnya Jawa Tengah. Masakan opor bisa dibuat dengan berbagai bahan masakan seperti ayam, telur, tahu, tempe bahkan nangka muda. Masakan opor ada yang berwarna kuning karena ditambahkan rempah kunyit di dalamnya tapi juga ada yang berwarna putih tanpa tambahan rempah kunyit.

Dibandingkan masakan kari, bumbu yang digunakan di masakan opor lebih sedikit. Biasanya, masakan opor disajikan bersama nasi putih, taburan bawang goreng, sambal goreng ati, sambal terasi, ketupat dan lontong.

Itulah perbedaan kari dan opor. Meski keduanya terlihat sama, keduanya ternyata adalah masakan yang berbeda dengan cita rasa berbeda pula. Semoga informasi ini bermanfaat.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading