Sukses

Lifestyle

Stres Membuatmu Susah Tidur? Coba Atasi dengan 5 Tips Ini

Fimela.com, Jakarta Saat sedang stres atau banyak pikiran, biasanya kita akan sangat kesulitan untuk tidur. Bahkan ketika mencoba untuk memejamkan mata sebentar, rasanya sulit untuk bisa mengistirahatkan pikiran. Padahal mendapat kualitas tidur yang baik sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Kunci utamanya adalah kita perlu merilekskan tubuh dan pikiran kita agar bisa tidur. Sejumlah cara bisa dilakukan, seperti melakukan yoga, latihan pernapasan, dan meditasi. Selain itu, lima tips ini juga bisa dicoba untuk membantumu bisa segera tidur saat sedang stres.

1. Jauhkan Gawai

Dilansir dari sleep.org, sinar biru dari perangkat digital seperti televisi, ponsel, laptop, dan tablet bisa mengganggu jam internal tubuh kita. Jadi, jauhkan diri dari aneka gawai sebelum waktu tidur. Dengan begini, pikiran bisa lebih tenang dan memudahkan kita untuk bisa segera tidur.

2. Minum Teh Kamomil (Chamomile Tea)

Sebaiknya tidak minum minuman berkafein bila ingin bisa segera tidur pada malam hari. Sebagai gantinya, coba minum teh kamomil. Kandungan teh ini diyakini bisa bantu redakan kecemasan. Sehingga memudahan kita untuk bisa cepat tidur.

 

3. Mandi Berendam Air Hangat

Luangkan waktu untuk mandi berendam air hangat sebelum beranjak ke tempat tidur. Selesai mandi dengan air hangat lalu masuk ke kamar tidur dengan suhu yang lebih sejuk, tubuh akan secara otomatis merasa mengantuk.

4. Olahraga dengan Memfokuskan pada Gerakan Kaki

Olahraga sebelum tidur mungkin bisa membuatmu terjaga. Namun, olahraga ringan dengan memfokuskan pada gerakan kaki seperti leg lifts dan squats bisa mengalirkan darah lebih lancar ke bagian kaki. Hal ini bisa memberi efek menenangkan dan membantumu tidur lebih cepat.

5. Berolahraga Tiga Jam sebelum Jadwal Tidur

Olahraga merupakan salah satu cara ampuh atasi stres dan dapat membantu meningkatkan kualias tidur, khusus pada penderita insomnia. Hanya saja hindari berolahraga pada waktu yang berdekatan dengan waktu tidur. Setidaknya olahraga dilakukan tiga jam sebelum jadwal tidur.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas, ya. Dengan begitu, kesehatan bisa terjaga lebih baik.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ritual Sebelum Tidur untuk Kulit Lebih Sehat di Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sleep Vacation, Liburan untuk Tidur Berkualitas