Sukses

Lifestyle

Memahami Alasan Mengapa Bersedih Merupakan Hal Wajar

Fimela.com, Jakarta Ketika kehilangan seseorang yang kamu cintai, kesedihan akan sangat terasa, terlebih jika sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun bersamanya. Meski penjelasan saja tidak pernah cukup untuk menenangkan duka, mendapatkan pengertian yang lebih baik darinya dapat membantu kamu melalui periode awal dari sedih yang akut.

Jadi, untuk memahami rasa sedih, terlebih dahulu kamu harus memahami cinta. Cinta sejati (dalam segala hal) menunjukkan rasa peduli serta menawarkan rasa kehangatan emosional.

Melansir dari webmd.com (9/11) dari perspektif psikologis yang dikenal sebagai teori “kasih sayang”, orang yang kita cintai terasa penting dalam dua hal berikut ini;

Pertama, kamu dapat meminta mereka untuk memberi kenyamanan dan dukungan ketika sedang tertekan, maka mereka akan menawarkan kamu tempat yang aman. Begitupun sebaliknya, kamu juga dapat memberi peran itu kepada mereka sebagai orang yang juga menyediakan rasa aman.

 

 

Berbagi Kesedihan Jika Tak Bisa Ditangani Sendirian

Kedua, menawarkan dorongan ketika kamu mengejar minat, cita-cita serta harapan untuk hidupmu ke depan. Selain menerima cinta, setiap orang memiliki kebutuhan bawaan untuk menawarkan cinta itu sendiri.

Secara umum, kesedihan adalah reaksi terhadap kehilangan, dan setiap orang pasti pernah merasakannya dengan caranya sendiri. Kamu mungkin akan mengalami kesedihan akut, yang mencakup emosi, sakit hati, kemarahan, rasa bersalah, dan kecemasan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kesedihan yang sudah kamu rasakan cukup lama mampu memberi jalan untuk dirimu sendiri dalam mengatasi kesedihan yang terjadi. Kamu bisa mencoba menenangkan pikiranmu dan mendorong diri sendiri untuk lebih mampu menikmati hal-hal baik dalam hidup, serta hal ini juga bisa membuat dirimu lebih mensyukuri apa yang telah dimiliki saat ini.

Salah satu kendala sangat umum untuk memproses kesedihan adalah berusaha menghindari, mengabaikan, atau menulis ulang kenyataan dari apa yang telah terjadi. Jika kamu berjuang untuk melawan rasa sedihmu, ketahuilah bahwa menghilangkan kesedihan membutuhkan waktu hingga saat yang tidak kamu duga mampu membuatmu menerima apa yang telah terjadi.

Lain halnya jika kamu merasa terjebak dalam kesedihan terlalu lama, apalagi sampai membuatmu tidak bersemangat dalam menjalani hari-hari, jangan mencoba mengatasinya sendiri. Hal terpenting yang wajib kamu ingat, kesedihan adalah sesuatu yang tidak seharusnya kamu lakukan sendiri, kamu bebas membagikannya kepada orang lain, agar kesedihan itu tidak terlalu berat dirasakan.

Simak video berikut ini

FIMELA FEST 2019 hadir kembali dengan berbagai talk show dan kelas inspiratif, 16-17 November 2019. Daftar untuk mengikuti berbagai kelasnya di sini

#GrowFearless with FIMELA 

Loading