Sukses

Lifestyle

Gerakan Sadar Kebersihan Menstruasi untuk Remaja di Pelosok Indonesia

Fimela.com, Jakarta Pendidikan tentang menstruasi pertama pada anak perempuan masih berjalan dengan baik di Indonesia, terlebih untuk remaja di pedalaman. Untuk itu, brand pembalut SOFTEX mengumumkan komitmennya untuk bekerjasama dengan UNICEF. UNICEF adalah badan PBB yang hadir di 190 negara dan bekerja untuk menjangkau anak-anak yang paling terpinggirkan di dunia.

Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017 Buku Remaja, Kementerian Kesehatan adalah 1 dari 5 remaja putri di Indonesia tidak mendapat informasi menstruasi sebelum mereka mengalami menstruasi pertama.

Ditambah dengan anggapan bahwa menstruasi merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan. Dari sisi kebersihan, ditemukan dari Profil Sanitasi Sekolah Tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa 1 dari 3 sekolah tidak memiliki akses air. Serta 1 dari 2 sekolah tidak mempunyai toilet terpisah untuk murid laki-laki dan perempuan.

Hal ini tentu menjadi kesulitan bagi remaja perempuan untuk melakukan kebersihan menstruasi. Terlebih mereka masih belum paham karena tidak diberikan edukasi sejak dini. Fasilitas menjadi faktor penting untuk berlangsungnya program dan gerakan ini.

“Melihat kondisi ini, SOFTEX berkomitmen membantu UNICEF dalam program Menstrual Hygiene Management, yang bertujuan agar remaja putri sebagai generasi penerus bangsa mendapat informasi dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, agar mereka dapat mencapai cita citanya.” kata Ekayani Head of Feminine Care PT Softex Indonesia.

 

Membangun fasilitas kebersihan yang layak

Sejalan dengan misi dari perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia, dukungan SOFTEX kepada UNICEF ini akan berlangsung selama tiga tahun. Dalam kerjasama ini, SOFTEX menargetkan pemberian dana sebesar 1.5 miliar rupiah per tahun dari penjualan produk Softex Daun Sirih dan Softex Comfort Slim.

 

Program untuk pendidikan kebersihan menstruasi pada remaja

Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung program Water, Sanitation and Hygiene (WASH). Termasuk Menstrual Hygiene Management di Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Beberapa bentuk programnya adalah pemberian edukasi tentang kebersihan menstruasi untuk remaja putri serta menciptakan lingkungan sekolah yang lebih bersih dan sehat.

#GrowFearless with Fimela

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading