Sukses

Lifestyle

Fimela Fest 2019: Trik Menabung Saat Tagihan Masih Menggunung

Fimela.com, Jakarta Sejak kecil, menabung merupakan satu hal yang ditanamkan. Bahkan, sebagai latiha untuk menabung, celengan ayam dan beragam bentuk lainnya pun kerap dibelikan sejak kamu masih dini. 

Hal ini merupakan upaya orangtua menanamkan sifat berhemat dan rajin menabung. Pasalnya, ternyata menabung itu tidak semudah yang orang bilang. Secara teori, menabung tiap bulan hanya sekitar 30% hingga 50% dari pendapatan tiap bulanmu. Sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan ini. 

Selain pengaturan keuangan yang buruk, orang berhenti menabung ketika sudah banyak mendapatkan tagihan. Terutama tagihan untuk melunasi utang. Baik dari bank, kartu kredit, dan utang personal. Insider menulis, banyak orang yang masih bingung bagaimana mengatur keuangan ketika sudah terlanjur banyak berutang. 

Pilih Melunasi Utang atau Tetap Menabung?

Kalau sudah banyak utang dan juga bunganya sudah berlipat ganda, ada strategi khusus yang mungkin ingin kamu lakukan. Insider menulis, bunga kartu kredit jauh lebih besar dibandingkan bunga utang lainnya. Apa lagi kalau kamu meminjam uang lewat cash advance. 

Suku bunga yang besar inilah yang membuat utang belum lunas. Kalau sudah terlanjur seperti ini, fokus dulu untuk melunasi utang. Bikin target, utang akan lunas dalam waktu singkat. Misalnya, 3 bulan. Sayangnya, cara ini akan sedikit melelahkan kalau besar utang dan bunga cukup besar, sehingga membutuhkan waktu lama untuk melunasinya. 

 

Otomatisasi Pembayaran Utang

Kadang, banyak orang lupa dengan tanggal jatuh tempo. Ketika sudah terlambat dari tanggal tersebut, kamu akan dikenakan denda yang tentu saja membenani jumlah tagihan di bulan depan. 

Agar tidak terlewatkan, lebih baik kamu meminta pihak bank untuk automate pembayaran setelah tagihan kartu kredit keluar setiap tanggal tertentu. Sehingga, kamu tidak akan pernah lagi lupa dan akhirnya kena denda di bulan selanjutnya. 

Insider juga menulis, ketika kamu memiliki pendapatan lebih banyak dari pekerjaan sambilan atau bisnis sampingan, usahakan untuk menyisihkan kurang dari 30% untuk menabung. Ketika utang sudah lunas, kamu bisa kembali menyisihkan uang lebih banyak untuk ditabungkan. 

***

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

#Growfearless

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Agar Tidak Stres Memikirkan Keuangan Pribadi
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: 5 Langkah Mengatur Keuangan Untuk Ibu Modern agar Tidak Boros