Sukses

Lifestyle

3 Tanaman Herbal yang Dipercaya Turunkan Kadar Gula Darah

Fimela.com, Jakarta Penyakit diabetes dikarenakan gula darah yang meningkatkan walaupun perlahan-lahan. Makanan seperti tinggi kadar gula, makanan instan, dan karbohidrat menjadi pemicu gula darah tinggi.

Masyarakat pun percaya, menggunakan obat herbal dapat menurunkan gula darah. Menurut Koordinator Dalam Negeri PB PERKENI Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo Sp.PD-KEMD, dalam Riskesdas (riset kesehatan dasar), penggunaan herbal bisa 5-10 persen dalam masyarakat. Namun pelayanan kesehatan pun harus selalu mengingatkan untuk tetap mengonsumsi obat diabetes yang dianjurkan dokter.

"Kita tidak bisa juga katakan tidak. Kalau ada pasien diabetes yang gunakan herbal kita sarankan tetap obatnya jangan dihentikan dan selalu pantau manfaatnya," paparnya di Jakarta.

Ketua Umum PEDI (Perhimpunan Edukasi Diabetes Indonesia), dr. Aris Wibudi Sp.PD-KEMD juga mengatakan meski obat herbal belum terbukti mampu menyembuhkan diabetes, namun ada beberapa tanaman herbal bisa membantu menurunkan kadar gula darah sambil disertai konsumsi obat. Apa saja? yuk intip

1. Pare

Walaupun pahit, ternyata pare memiliki efek mampu menurunkan gula darah lho.

2. Sambiloto

Sama pahitnya dengan pare, tanaman ini ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Dan sering dimanfaatkan untuk obat tradisional.Prof Aris menuturkan bahwa tanaman sambiloto berkhasiat menurunkan gula darah seperti mekanisme obat diabetes.

3. Kayu Manis

Kayu manis ternyata bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, obat diabetes yang diresepkan dokter tetap harus diminum agar sahabat Fimela lekas sembuh.

 

 

#growfearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyakit Tidak Menular di Indonesia Mengalami Kenaikan, Cek Faktanya
Artikel Selanjutnya
Alasan Dukungan Keluarga Sangat Penting bagi Penyandangan Diabetes