Sukses

Lifestyle

Indomie Jadi Ramen Terbaik di Dunia Versi LA Times

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap negara di Asia memiliki ramen atau mie instan masing-masing, dengan cita rasa unik dari setiap region. Indonesia pun memiliki brand mie instan sendiri yang tersedia di hampir seluruh negara di dunia. Termasuk Eropa, Afrika, Australia, dan tentu saja juga masuk ke pasaran benua Asia. 

Baru-baru ini, Food Columnist LA Times, Lucas Kwan Peterson baru saja menyelesaikan sebuah daftar mie instan terbaik di dunia, L.A. Times Instant Ramen Power Rankings. Untuk menentukan ranking setiap mie instan, dia telah mencoba setiap varian ramen yang ada di dunia dan telah menemukan sistem penilaian yang sempurna bagi 31 jenis mie ramen dia cantumkan dalam daftar

"Tentu saja saya tidak bisa memasukkan semua ramen di bagian ini. Tapi saya berusaha untuk memasukkan sebagian besar dari spektrum mie dan memasukkan lebih dari 3 varian per merek," tulisnya pada artikel The official instant ramen power rankings di L.A. Times. 

 

Rasa Menjadi Salah Satu Penilaian Utama

Peterson membuat penilaian berdasarkan dua metrik; rasa, dan T.I.A atau Truth in Advertising. Meskipun rasanya lezat, kesesuaian antara rasa di lidah dengan apa yang diiklankan sangat menentukan nilai. 

"Apakah rasanya sesuai dengan apa yang seharusnya? Apakah udang di dalam ramen terasa seperti udang (sungguhan)? Apakah ayam terasa seperti ayam (sungguhan)? Untuk melakukan penilaian ini, saya menderita, tangan dan kaki saya membengkak, dan tekanan darah saya naik tiga kali lipat," katanya. 

Namun, demi memberikan penilaian dan daftar ramen terenak di dunia, dia rela untuk mencicipi setiap varian ramen di dunia. 

Indomie Goreng Rasa Ayam Panggang Jadi Juaranya

Dalam daftar, nama Indomie (Barbecue Chicken) atau Indomie rasa Ayam Panggang menempati urutan pertama. Tidak heran, brand mie instan Tanah Air ini memang ada di hampir tiap negara di dunia. Namun, menurut Peterson, penempatan Indomie di urutan pertama sebenarnya curang. 

Soalnya, Indomie lebih masuk ke dalam kategori mie instan, bukan ramen. Pada instruksi persiapan, tertulis kamu harus membuang air sebelum makan. Jelas, karena varian ini merupakan Mie Goreng tanpa kuah. 

"Tetapi saya mengizinkannya karena seperti Martha Stewart bilang, ini merupakan hal yang baik," katanya, menyampaikan alasan mengapa tetap memasukkan Indomie Goreng rasa Ayam Panggang ke dalam daftar urutan pertama. 

Dalam artikelnya Peterson juga mendeskripsikan mengenai bumbu yang tersedia di dalam kemasannya. Ada tiga cairan seperti minyak bawang, kecap manis, dan saus cabai, yang dilengkapi dua sachet kering berisikan kaldu ayam bubuk ber-MSG dan bawang merah goreng. 

"Mereka menyeimbangkan apa yang bisa dianggap sebagai salah satu yang mungkin menjadi kelemahan dari Indomie ini, yaitu (rasanya) agak terlalu manis," katanya saat mendeskripsikan rasa. Peterson juga menambahkan, sasu cabainya sedikit pedas dan tekstur bawang gorengnya sangat renyah. 

"Saus sambalnya memberikan rasa sedikit pedas, dan tekstur dari bawang goreng yang renyah di atasnya. Saya bisa makan ini setiap hari," tutupnya. 

Selain Indomie, diurutan selanjutnya terdapat MyKuali (Penang White Curry), dan Nongshim Shin (Black). Sementara Dr. McDougall’s Right Foods (Vegan Miso) menempati urutan terakhir dalam daftar tersebut. 

#Growfearless with FIMELA

Loading