Sukses

Lifestyle

Kenapa Banyak Orang Bertahan pada Hubungan yang Tak Bahagia?

Fimela.com, Jakarta Hubungan yang ada sudah tak lagi membuat kita bahagia. Kita tahu bahwa hubungan yang dijalani saat ini sudah tak lagi membuat kita nyaman. Namun, kita memutuskan untuk tetap bertahan.

Kita tak sendiri. Banyak orang yang memilih untuk tetap bertahan pada hubungan yang sebenarnya sudah tak membuat mereka bahagia. Alasannya bisa bermacam-macam, seperti karena sudah memiliki anak atau karena alasan keuangan. Selain itu, ada sebuah penelitian menarik terkait hal ini.

Bertahan demi Pasangan Kita Sendiri

Dilansir dari bolde.com, Samantha Joel dan koleganya dari University of Utah mengungkapkan bahwa alasan kita bertahan pada hubungan yang tak lagi membuat kita bahagia adalah bukan demi kebaikan kita, tetapi demi kebaikan pasangan kita sendiri. Para peneliti meyakini bahwa manusia pada dasarnya altruistik dan mengutamakan kepentingan orang lain, maka dalam sebuah hubungan pun seringkali kita masih akan lebih mengutamakan pasangan kita daripada diri kita sendiri.

Kemungkinan lain kita memilih bertahan pada hubungan yang tak lagi membuat kita bahagia adalah karena merasa takut untuk bertemu orang baru atau memulai hubungan baru. Penelitian yang dilakukan Samantha Joel dan koleganya cukup menarik. Namun, semoga saja alasan kita bertahan dalam hubungan yang tak lagi membuat kita bahagia bukan karena mengorbankan kebahagiaan kita sendiri.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading