Sukses

Lifestyle

14 Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, tidur nyenyak pada malam hari merupakan sesuatu yang berharga dan istimewa. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan ada banyak orang yang memiliki gangguan tidur dan susah tidur di malam hari, atau biasa disebut insomnia.

Susah tidur di malam hari biasanya juga disertai dengan gangguan fungsional saat bangun tidur, seperti sakit kepala. Hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas dan membuatmu terlihat lemas dan mengantuk sepanjang hari.

Sebuah studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa perkiraan 27% pasien yang disurvei melaporkan sulit tidur di malam hari. Kondisi ini mempengaruhi perempuan lebih banyak dari pria. Kondisi ini dapat mempengaruhi pasien pada usia berapa pun. Namun, peluangnya semakin meningkat pada orang yang sudah tua.

Cara Mengatasi Susah Tidur dimalam Hari

Susah tidur di malam hari biasanya disertai oleh sering bangun di tengah malam, bangun dengan tubuh yang lelah, mengantuk pada siang hari, cepat marah, sulit fokus, dan kekhawatiran tentang tidur. Jika sudah begini, sebaiknya Sahabat Fimela harus segera mengatasinya. Tapi, bagaimana cara mengatasi susah tidur di malam hari? Simak cara-cara dibawah.

Mencoba teknik relaksasi

Sebelum tidur, ada baiknya melakukan relaksasi sebagai cara mengatasi susah tidur di malam hari. 20-30 menit sebelum tidur sebaiknya dipergunakan untuk beraktivitas santai seperti latihan pernapasan, meditasi, dan relaksasi otot untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Hindari kafein dan alkohol

Jika kamu susah tidur di malam hari, sebaiknya menghindari mengonsumsi kafein dan alkohol 4 jam sebelum tidur. Kedua jenis minuman ini akan membuat kamu lebih banyak terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Menghindari kafein dan alkohol adalah salah satu cara mengatasi susah tidur di malam hari.

Hindari olahraga malam

Salah satu cara mengatasi susah tidur di malam hari adalah dengan menghindari olahraga di malam hari. Usahakan tidak melakukan olahraga setidaknya 3 jam sebelum tidur. Olahraga yang dilakukan malam hari akan meningkatkan metabolisme, suhu tubuh, dan energi yang justru akan membuat semakin sulit tidur.

Ramuan daun putri malu

Cara mengatasi susah tidur pada malam hari adalah dengan memanfaatkan tumbuhan putri malu.

Berikut ini cara membuat obat dari daun putri malu:

  1. siapkan 30 sampai 60 gram daun putri malu dan 400 ml air
  2. rebus daun putri malu dengan 400 ml air, hingga menjadi setengahnya
  3. saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

Cara Mengatasi Susah Tidur Menurut Islam

Ketika susah tidur, mungkin bukan raga saja yang harus tenang, melainkan hati pun harus tenang. Dalam ajaran islam diajarkan adab sebelum tidur, seperti berwudhu dan salat sebelum tidur, begitu juga untuk posisi tidur yang baik. Berikut akan cara mengatasi susah tidur menurut Islam.

Membaca Al-Quran

Cara mengatasi susah tidur menurut Islam yaitu dengan membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran sebelum tidur, selain membuat hati kita tenang sehingga tidur nyenyak, dapat juga membantu kita agar terhindar dari berbagai macam gangguan tidur. Pilihlah ayat yang bisa dibaca sebelum tidur, seperti Ayat Kursi (Al-Baqarah: 255), dua ayat terakhir pada surat Al-Baqarah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kafirun, dan tiga surat terakhir dalam Al-quran, yaitu surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Berdoa

Cara mengatasi susah tidur menurut Islam, selain dengan membaca Al-Quran yaitu dengan berdoa. Sebelum tidur, Sahabat Fimela bisa juga memanjatkan doa dan berdzikir. Berdoa dan berdzikir bisa menjadi cara mengatasi susah tidur, sebab sama dengan meminta perlindungan pada Allah yang memang sudah sewajarnya dan harus dilakukan oleh semua umat muslim di dunia ini.

Cara mengatasi Bayi Susah Tidur

Susah tidur pada bayi dapat terjadi karena banyak faktor, seperti karena kondisi lapar, tidak nyaman dengan lingkungan tempat tidur, maupun saat keadaan sakit. Jika tidak segera diatasi maka dapat mengganggu tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi serta mengganggu keseimbangan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Atur jam tidur

Agar bayi dapat mengatasi susah tidur yang dialami dengan baik, bantu atur jam tidurnya. Tetapkan jam berapa bayi sudah harus tidur, begitu juga dengan jam bangun tidurnya.

Menghindari benda yang berisik

Bagi beberapa bayi, suara jarum jam berdetak saja sudah cukup berisik dan bisa mengganggu tidurnya. Sebaiknya hindari benda-benda berisik yang sekiranya dapat mengganggu tidur bayi.

 

Cara mengatasi Anak Susah Tidur

Susah tidur pada anak bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan anak. Hal ini meliputii kemampuan berpikirnya, membuat anak menjadi lemah dan mudah kelelahan, juga meningkatkan risiko anak mengalami obesitas. Kondisi ini tentunya bisa memengaruhi kegiatan belajar mengajar, serta tumbuh kembangnya.

Ritual sebelum tidur

Biasakan untuk melaksanakan ritual rutin sebelum tidur, seperti mengganti baju dengan piyama, mencuci kaki, menyikat gigi, membacakan dongeng, dan berdoa. Hal ini bisa orang tua terapkan 30-60 menit sebelum jadwal tidur. Bila perlu, orang tua juga bisa menemani anak sampai benar-benar tertidur.

Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Kamar yang rapih dan lampu yang tidur remang membuat anak lebih tenang dan memungkinkan untuk lebih cepat tertidur. Maka dari itu, orang tua bisa menciptakan suasana tidur senyaman mungkin untuk anak.

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Susah tidur memang hal yang sering dialami oleh setiap orang. Oleh karena itu, banyak yang mencari cara untuk mengatasinya. Namun, beberapa cara tidak mempan untuk mengatasinya. Berikut kami berikan cara mengatasi susah tidur yang dijamin jitu.

Buat kesibukan sebelum tidur

Salah satu cara mengatasi susah tidur adalah dengan membuat aktivitas sebelum tidur. Lakukan beberapa aktivitas ringan yang memerlukan konsentrasi, seperti membaca buku yang memungkinkan mata mengantuk dan cepat tertidur.

Hindari ngemil pada malam hari

Tidur dalam kondisi perut yang terlalu kenyang justru akan membuat tidur tidak nyenyak dan memicu berbagai penyakit. Untuk itu, hindarilah ngemil saat malam hari karena hal itu juga yang menjadi cara mengatasi susah tidur.

Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur merupakan cara mengatasi susah tidur, Hal ini karena guyuran air hangat akan merilekskan otot-otot yang tegang dan membuat aliran darah menjadi lancar.

Ramuan daun kacang tanah

Olahan kacang tanah memiliki khasiat untuk membantu mengatasi susah tidur yang Sahabat Fimela alami.

Berikut ini cara mengatasi susah tidur dengan kacang tanah:

  1.  sediakan segenggam daun kacang tanah dan 200 ml air panas
  2. kemudian cuci bersih daun kacang tanah lalu iris halus
  3. masukkan irisan daun kacang tanah ke dalam gelas
  4. seduh dengan air panas, diamkan selama 40 menit, lalu saring
  5. kemudian minum selagi hangat menjelang tidur.

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Kebanyakan Minum Teh Bisa Turunkan Kualitas Tidur!
Artikel Selanjutnya
Tubuh Sangat Letih tapi Susah Tidur, Apa Penyebabnya?