Sukses

Lifestyle

5 Tips Melindungi Rumah dari Polusi Udara Dalam Ruangan

Fimela.com, Jakarta Polusi udara bukan hanya yang ada di luar ruangan (outdoor). Rumah kita pun bisa saja mengalami polusi. Polusi udara dalam ruangan (indoor) bisa sangat memengaruhi kondisi kesehatan kita.

Untuk melindungi rumah dari polusi udara dalam ruangan, ada sejumlah tips mudah yang bisa dicoba. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, ada lima tips yang bisa dicoba untuk mengurangi polusi udara di dalam rumah. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya berikut ini.

1. Beri Cukup Ventilasi Udara

Enam puluh persen kualitas udara dalam ruangan menjadi buruk karena kualitas ventilasi yang rendah. Ventilasi yang tepat akan menjaga udara terhindar dari polusi. Memasang pemurni udara (air purifier) juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga udara tetap bersih.

2. Jangan Merokok atau Menyalakan Lilin di Dalam Rumah

Salah satu penyebab utama meningkatnya polusi udara di dalam ruangan adalah merokok. Penumpukan asap dan kandungan beracunnya dapat menaikkan tingkat polusi udara dari kualitas udara dalam ruangan.

 

3. Menaruh Tanaman di Dalam Ruangan

Menaruh tanaman di dalam ruangan dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Tanaman dalam ruangan dapat membuang gas-gas beracun yang dihasilkan oleh berbagai elemen lainnya. Selain itu, memiliki tanaman di dalam rumah bisa mengurangi risiko mata iritasi dan menurunkan kadar stres. Manfaatnya juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi sekaligus mencegah batuk dan hidung tersumbat.

4. Membatasi Penggunaan Karpet

Bila tidak terlalu diperlukan, karpet sebaiknya tak digunakan di dalam rumah. Partikel debu yang terperangkap dalam karpet bisa memicu gangguan pada paru-paru, seperti asma dan batuk yang tak kunjung sembuh. Jika menggunakan karpet di dalam rumah, pastikan selalu dibersihkan dan dicuci secara rutin.

5. Gunakan Exhaust Fan

Exhaust fan adalah sebuah alat yang fungsinya mempercepat sirkulasi udara di dalam rumah. Udara yang lembab di dapur dan kamar mandi memicu munculnya jamur. Jamur ini bisa membawa partikel-partikel kecil yang dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit seperti pilek, batuk, dan infeksi jamur. Pemasangan exhaust fan di dapur dan kamar mandi bisa menajaga kualitas udara yang terhindar dari polusi.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk menjaga kualitas udara dengan baik di dalam rumah, ya.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading