Sukses

Lifestyle

Skuter Listrik Jadi Tren Transportasi Terkini, Berikut Tips Aman Mengendarainya

Fimela.com, Jakarta Selalu ada saja tren yang hadir di Jakarta. Jika sebelumnya, sepeda lipat menjadi salah satu moda transportsi ramah lingkungan yang digemari, tapi kini skuter listrik juga menjadi salah satu pilihan yang sudah mulai banyak digunakan. Hal ini tentu berkitan dengan semakin berkembangnya transportasi terintegrasi di Jakarta. Kini, banyak orang yang lebih memilih transportasi umum dan menggunakan transportasi lainnya untuk sampai ke tempat tujuan.

Hadirnya skuter listrik memang menjadi salah satu opsi yang menarik, ditengah isu kemacetan dan juga polusi Jakarta yang semakin memburuk. Tapi, walau sekilas terlihat aman, faktanya skuter listrik sangat beresiko dan bisa menyebabkan kematian.

Hal ini terbukti dari sebuah kecelakaan yang baru-baru ini terjadi akibat penggunaan skuter listrik di jalan raya yang mengakibatkan pengendaranya meninggal dunia akibat tertabrak mobil. Sontak saja, kejadian ini menarik perhatian publik.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin bermain dan mencoba skuter listrik, simak panduannya agar bisa mengendarinya secara aman dan memberikan pengalaman menyenangkan.

1. Pastikan kondisi rem

Skuter listrik memiliki rem untuk mengotrol lajunya. Sebelum digunakam pastikan kamu cek kembali fungsi dari rem tersebut. Jika sesuai dan masih optimal, baru skuter bisa dipakai. Jika tidak, jangan sekali-kali mencoba untuk memakainya.

2. Cek lampu skuter

Skuter listrik biasanya dilengkapi dengan lampu. Ini sangat penting agar kendaraan lain melihat keberadaan skuter kamu saat sedang melaju. Jika tidak ada, maka usahakan untuk menggunakan lampu tambahan yang bisa ditempel pada tubuh seperti yang digunakan oleh para pengendara sepeda, untuk meminimlisir kecelakaan yang terjadi. 

Cara aman mengendarai skuter listrik

 

3. Pakai perlengkapan yang aman

Gunakan helm dan decker. Bukan sekedar untuk menambah gaya saja, tapi helm dan decker mampu memproteksi kepala dan bagian tubuh lainnya saat terjadi kecelakaan.

4. Jangan sambil bermain ponsel

Ini sangat tidak dianjurkan. Walaupun menjadi momentum yang seru dan ingin diabadikan pada media sosial, tapi ingat bahwa ada resiko yang mengintai yang membahayakan diri kamu serta orang lain.

5. Konsentrasi

Fokus dan konsentrasilah saat mengendari skuter listrik. Jangan sampai akibat tidak fokus jadi menyebabkan kecelakaan.

6. Berkendara pada jalurnya

Walaupun hingga saat ini belum ada jalur khusus, tapi agar aman, sebaiknya hindari jalan raya. Dan jika memang mau berkendara di jalan raya, maka usahakan berada di jalur pinggir agar tidak berbahaya.

Dengan cara di atas, maka setidaknya berkendar dengan skuter listrik bisa jadi lebih aman.

#GrowFearless with FIMELA

Loading