Sukses

Lifestyle

Cara Mudah Membersihkan Sisik dan Bau Amis Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki rasa khas dan nutrisi yang sangat baik buat kesehatan. Ikan menjadi makanan yang disukai olah banyak orang. Namun, beberapa orang rupanya cukup malas untuk memasak ikan mengingat sisik ikan cukup sulit dibersihkan dan bau ikan yang cenderung amis.

Kini dirimu tak perlu khawatir mengenai sisik dan bau ikan Sahabat Fimela. Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membersihkan sisik dan bau amis ikan. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Membersihkan Sisik dan Bau Ikan

Segera Olah Ikan yang Masih Segar

Usahakan untuk segera mengolah dan membersihkan ikan segar yang baru dibeli. Ikan yang masih baru akan lebih mudah dibersihkan dan baunya tak akan terlalu amis. Meski ikan hendak disimpan di kulkas, bersihkan dulu ikan sebelum disimpan. Buang isi perut ikan dan insangnya.

Beri Garam pada Ikan yang Disimpan

Sebelum menyimpan ikan di lemari es, usahakan agar melumuri tubuh ikan dengan sedikit garam. Garam dipercaya bisa meminimalisir bau amis pada ikan. Garam juga bermanfaat membuat rasa daging ikan semakin gurih.

Gunakan Pisau yang Tajam untuk Mengerok Sisik Ikan

Kerok sisik pada ikan menggunakan pisau yang tajam mulai dari arah ekor ke kepala. Agar sisik semakin mudah dibersihkan dan dihilangkan dari tubuh ikan, kerok ikan di bawah air mengalir. Pastikan untuk sangat hati-hati saat mengerok sisik ikan.

Lumuri Ikan dengan Jeruk Nipis

Bau amis pada ikan bisa diminimalisir menggunakan jeruk nipis. Peras 1 buah jeruk nipis kemudian lumurkan airnya di tubuh ikan. Diamkan kira-kira selama 30 menit kemudian cuci bersih dan bau amis pada ikan bisa berkurang.

Tambahkan Rempah Jahe pada Masakan Ikan

Untuk mengurangi bau amis pada masakan ikan, manfaatkan rempah jahe Sahabat Fimela. Tambahkan 1 ruas jari rempah jahe ke dalam masakan ikan untuk menyamarkan bau amis ikan. Penggunaan jahe akan membuat masakan ikan terasa makin lezat.

Itulah beberapa cara mudah membersihkan ikan dari sisik dan bau amis. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

#GrowFearless with FIMELA

Loading