Sukses

Lifestyle

Tips Menabung dengan Mudah Tanpa Ada Rasa Terpaksa

Fimela.com, Jakarta Menabung merupakan salah satu keharusan jika ingin memiliki finansial yang sehat. Sejak kecil, Sahabat Fimela mungkin sudah diajari untuk menabung sejak kecil. Namun, seiring usia dan kebutuhan bertambah, menabung ternyata tidak lagi menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. 

Apa lagi, sebagai milenial yang lekat dengan kopi dan nongkrong, pengeluaran kadang jadi berlebihan. Sampi akhirnya, tidak ada lagi jatah dari gaji bulanan untuk ditabung. 

Forbes menulis, banyak anak muda yang merasa terpaksa menyisihkan uangnya untuk ditabungkan. Padahal uang yang disisihkan itu juga untuk kebutuhannya sendiri di masa depan. Selain merasa terpaksa, jatah untuk belanja dan gaya hidup menurut mereka menjadi berkurang. Lantas, bagaimana caranya agar menyiasati diri untuk kembali rajin menabung tanpa ada keterpaksaan?

Tingkatkan Pendapatan

Dilansir dari Millennial Money, salah satu cara agar kamu tidak merasa keberatan menyisihkan uang untuk ditabung adalah dengan meningkatkan pendapatan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa jatah untuk bersenang-senang terambil untuk jatah tabungan. 

Usaha Sampingan

Meningkatkan pendapatan dari gaji utama mungkin tidak bisa dilakukan setiap orang. Oleh karena itu, agar pendapatanmu bisa bertambah, kamu bisa membuka sebuah usaha sampingan. Tidak perlu modal besar, yang penting ada tambahan uang masuk. 

Dengan kedua tips ini, Millennial Money menulis, kamu tidak akan merasa terpaksa karena uang jatah kebutuhan lifestyle-mu berkurang pada saat menabung. Namun, kamu juga harus meningkatkan jumlah tabungan sekitar 5% setiap tahun. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading