Sukses

Lifestyle

Kesahajaan Seseorang Bisa Menjadi Inspirasi Besar dalam Hidup Kita

Fimela.com, Jakarta Memiliki sosok pahlawan yang sangat berjasa dalam hidupmu? Punya pengalaman titik balik dalam hidup yang dipengaruhi oleh seseorang? Masing-masing dari kita pasti punya pengalaman tak terlupakan tentang pengaruh seseorang dalam hidup kita. Seperti pengalaman Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Hero, My Inspiration ini.

***

Oleh: Febria Silaen - Jakarta

Pahlawanku, inspirasiku adalah abang ojek langganan yang setia menjemput anakku dari sekolah. Saya memanggilnya Pak Salim. Beliau adalah lelaki yang kami kenal sejak kami tinggal rumah hasil menabung kami sekitar tujuh tahun lalu.

Sehari-hari Pak Salim bekerja sebagai tukang sampah di kompleks. Selain tukang sampah, beliau juga rajin mengerjakan banyak hal. Mulai dari subuh, selain membantu mengangkut sampah, Pak Salim juga pemulung yang ulet. Sehari dua kali, pagi dan sore dia sempatkan untuk mencari barang rongsokan yang siap untuk dijual kembali.

Di sela aktivitasnya, Pak Salim juga menerima jasa panggilan untuk merapikan tanaman. Karena keuletan itu kami meminta bantuan beliau untuk bisa menjemput anak kami dari sekolah. Ya, sejak anak kami di Taman Kanan-Kanak (TK) hingga sekarang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), kelas 5, beliau yang membantu kami untuk mengantarkan anak kami pulang ke rumah dengan selamat.

Pak Salim kini memiliki empat anak, bulan lalu anak keempatnya baru saja lahir. Jujur saya sempat kaget karena saya pikir, istrinya yang sedang sakit diabetes tidak akan lagi hamil dan melahirkan.

Meski Pak Salim juga sebenarnya kaget dan pusing karena memikirkan anak, istri yang sakit dan calon bayinya. Tapi dia tak pernah mengeluh bahkan selama bertahun-tahun bersama kami, beliau tidak pernah mengeluh kekurangan dengan meminta naik gaji.

Padahal kami tahu, kebutuhannya sangat banyak. Tapi dia tidak mengeluh dan meminta-minta. Selain ulet dan tidak mengiba, Pak Salim yang tidak mengenyam pendidikan ini adalah sosok pria pahlawan bagi keluarganya. Sebab, meski serba kekurangan dia tetap bisa lho menyisihkan uangnya untuk membayar iuran BPJS.

 

Orang Baik di Dekat Kita

Saya salut sekali dengan pola pikirnya. Menurutnya, uang yang diperoleh dari semua pekerjaan halal yang dilakukan harus bisa dipakai untuk kesejahteraan keluarga, yaitu pendidikan dan kesehatan.

Saya menganggap beliau pun pahlawan bagi kami, terutama saya. Sebagai ibu yang bekerja, tentu support system seperti Pak Salim yang penuh tanggung jawab ini sangat membantu saya.

Dia selalu menjemput anak saya tepat waktu, tidak pernah absen. Kecuali ketika dia sakit atau harus mengurus istrinya. Itu pun tidak pernah mendadak memberitahu kami.

Panas atau hujan dia tetap menjemput anak kami. Bahkan rela menunggu hujan reda ketika untuk mengantarkan anak kami tiba dengan tidak basah kuyup di rumah. Atau menunggu dengan sabar ketika ada pelajaran tambahan atau latihan.

Beliau adalah pahlawan bagi kami, terutama untuk anak kami. Dan beliau juga sosok yang menginspirasi saya untuk tetap bersyukur di segala kondisi. Tidak menyerah dan ulet dalam bekerja.

Menurut beliau, rezeki Allah yang mengatur, manusia yang berusaha. Dan itu membuat saya belajar untuk tidak mudah menyerah dan selalu bersyukur. Terima kasih Pak Salim. Tetaplah menjadi pahlawan dan inspirasi bagi saya dan keluarga.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading