Sukses

Lifestyle

4 Trik Menyimpan Paspor dan Uang Tunai yang Aman Saat Solo Traveling

Fimela.com, Jakarta Solo traveling bukan lagi istilah yang asing di telinga para pelancong Indoensia. Seperti namanya, kamu yang gemar mengunjungi negara atau daerah lain yang kaya akan budaya dan keindahan alam sendirian memang harus lebih berhati-hati. Bagaimana tidak, kamu harus menyusuri jalan dan mengatur seluruh aktivitas dan rencana travel sendirian. 

Bukan cuma tanpa agen travel, kamu juga harus mengurus semua keperluan selama melancong sendirian. Mulai dari mencari bus, booking hotel, mencari tempat makan yang bersih, hingga memastikan semua barang bawaanmu aman dan tidak hilang. 

Biasanya, selain baju dan peralatan mandi, uang tunai menjadi salah satu perlengkapan dan keperluan traveling yang sering hilang. Kadang tidak benar-benar hilang, sih, melainkan hanya terselip atau berganti lokasi penyimpanan. Hal ini sangat sering terjadi, terutama ketika kamu solo traveling. 

Mengingat kamu akan berpetualang seorang diri, penting sekali untuk memastikan paspor dan uang tunai untuk keperluan selama traveling aman dan tidak hilang. Tentu saja, menyimpannya di dalam koper atau tas gendong saja belum tentu aman. Apa lagi kalau kamu akan mengunjungi negara-negara yang terkenal banyak copetnya seperti di Paris, Perancis, atau Manila, Filipina, atau bahkan Delhi, di India. Bukannya bersikap selalu tidak percaya orang lokal, tetapi waspada itu penting. Berikut beberapa trik menyimpan barang berharga selama melakukan solo traveling. 

Safe Deposit

Kalau kamu mengunjungi kota-kota besar dan menginap di hotel berbintang 4 atau 5, sebaiknya kamu menyimpan paspor asli dan uang tunaimu di dalam safe deposit. Kamu bisa membawa KTP atau fotokopi paspormu saat mengunjungi tempat-tempat yang rawan. Seperti pasar malam, festival, pasar tradisional, dan lain-lain. 

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Uang tunai memang sangat dibutuhkan. Apa lagi kalau kamu ingin melancong seperti orang lokal. Makan di pinggir jalan, misalnya, atau naik kendaraan umum. Bawalah uang tunai dalam pecahan kecil. Sehingga, kamu tidak perlu repot kalau kehilangan selembar atau sebagian uang tunaimu. Selebihnya, simpan uangmu di bank. Biasanya, kota besar selalu memiliki ATM di mana-mana. 

Simpan Uang di Tempat yang Unik

Kamu juga bisa menyimpan uangmu di tempat-tempat unik. Misalnya, di dalam kaus kaki yang bersih. Atau, di dalam kotak bekas permen. Dengan begini, tidak ada orang asing yang tahu di mana kamu menyimpan uangmu dan juga bisa mengecoh para pencuri. 

Tas Paspor Khusus Traveling

Kamu bisa mencarinya di toko online. Tas khusus menyimpan paspor dan uang tunai buat traveling ini sangat praktis dan aman. Tas ini sebenarnya mirip seperti tas pinggang. Hanya saja tipis dan seharusnya dipakai di dalam bajumu. Sehingga, ketika kamu harus tidur di hostel yang satu kamar berisi 10 hingga 20 bunkbed, kamu tidak akan khawatir dengan barang-barang berhargamu. 

#Growfearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Maskapai Dunia Ramah Anak, Patut Dicoba
Artikel Selanjutnya
5 Tempat Romantis di Australia Barat Rayakan Hari Valentine