Sukses

Lifestyle

Darah Menstruasi Menggumpal, Normal atau Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Menstruasi menjadi hal yang tak asing bagi setiap perempuan. Menstruasi merupakan siklus bulanan yang selalu hadir di kehidupan perempuan. Mengenai menstruasi ini, ada banyak hal menarik darinya.

Meski menarik, siklus menstruasi terkadang juga menjadi problematika perempuan ketika menstruasi ini datangnya tidak tepat waktu, warna darah menstruasi yang keluar berubah-ubah, mood perempuan yang tidak menentu saat menstruasi hingga rasa sakit di tubuh perempuan akibat menstruasi. Di hari pertama menstruasi, problematika ini akan sangat sering terjadi.

Pada hari pertama menstruasi, beberapa perempuan mungkin akan mendapati darah menstruasi yang keluar lebih pekat, menggumpal dan berwarna kehitaman seperti hati ayam. Kira-kira, apakah hal ini berbahaya?

Darah Menstruasi Menggumpal Apakah Berbahaya?

Darah menstruasi menggumpal biasanya terjadi di hari pertama menstruasi. Kondisi ini terjadi karena aliran darah yang keluar dalam kondisi deras. Tubuh juga melepaskan zat antikoagulan (zat pencegah pembekuan darah) sehingga beberapa darah menggumpal ikut bersama darah menstruasi. Darah menggumpal sebenarnya merupakan sisa darah kotor yang tersimpan di rahim dalam waktu lama.

Melansir dari laman hellosehat.com, adanya gumpalan darah seperti hati ayam selama menstruasi adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Selama gumpalan darah tidak berlebihan atau terlalu besar dan disertai nyeri berlebih di perut serta miss V, ini masih terbilang aman dan tidak berbahaya buat kesehatanmu.

Keluarnya gumpalan darah warna gelap saat menstruasi tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Namun, jika darah menstruasi yang keluar menyerupai butiran dan disertai rasa sakit atau nyeri berlebihan di perut, pinggul dan miss V, usahakan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh untuk Redakan Nyeri Haid
Artikel Selanjutnya
Menstruasi Terasa Berat, Tanda Tubuh Kekurangan 3 Vitamin Ini