Sukses

Lifestyle

Liburan Akhir Tahun dengan Melihat Karya Seni Seniman Indonesia di Amsterdam

ringkasan

  • Liburan akhir tahun di Belanda
  • Salah satu karya dari seniman Indonesia, Laila Azra, berjudul 'Feel Like the Kardashians' dipamerkan di Amsterdam

Fimela.com, Jakarta Akhir tahun tiba, sudahkah merencanakan liburan bersama orang terkasih? Jika belum, Belanda bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan.

di penghujung tahun, biasanya ibu kota Belanda, Amsterdam mengadakan tradisi Amsterdam Light Festival yang berlangsung dari 28 November 2019-19 Januari 2020.

Lewat tema 'Disrupt', festival ini menampilkan 25 karya seni lampu yang cantik. Lampu-lampu tersebut menghias ruang publik dengan menampilkan instalasi berskala besar oleh sejumlah seniman global.

Menariknya, salah satu karya dari seniman Indonesia, Laila Azra, berjudul 'Feel Like the Kardashians' ikut dipamerkan pada festival tahun ini. Karya ini, jelas dia terinspirasi dari perenungannya tentang lingkaran disruptif yang terjadi antara media, para pesohor, dan penontonnya.

Menurutnya, saat mendengar tema yang diberikan para penyelenggara, ia langsung membayangkan kilatan lampu kamera paparazzi yang mengikuti gerak gerik para pesohor. Kejadian ini, kata dia, sesungguhnya sangat mengganggu kehidupan si subjek maupun si objek.

"Dampak negatifnya bahkan menjangkau kita, para penonton, yang tak sengaja terlibat dalam hubungan ini. Hingar bingar dunia hiburan seringkali mengalihkan perhatian kita dari apa yang nyata dalam hidup," ujar Laila Azra berdasarkan siaran pers yang Suara.com terima.

Karya instalasi kayu

Ide tersebut kemudian diwujudkan dalam dua karya instalasi kayu, dengan panjang masing-masing 12 meter, menggambarkan sosok-sosok manusia dan lampu kamera yang berpendaran.

Tiap bagian karya Laila Azra ini ditempatkan berseberangan di masing-masing sisi di Amstel Stock. Karena sudut pandangnya yang unik, 'Feel Like the Kardashians' menghadirkan sisi yang berbeda pada tema festival tahun ini.

Ingin menyaksikan meriahnya kota Amsterdam saat festival ini? Karya-karya seni cahaya yang dipamerkan akan dinyalakan setiap hari, mulai pukul 5 sore - 11 malam, kecuali pada malam tahun baru, antara pukul 5 sore - 8 sore.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading