Sukses

Lifestyle

5 Menu Masakan Khas Nusantara dengan Lontong yang Enak

Fimela.com, Jakarta Lontong merupakan makanan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesi. Lontong merupakan makanan yang terbuat dari beras kemudian dimasak dengan cara direbus di dalam daun pisang. Lontong mirip dengan ketupat namun biasanya teksturnya lebih lembut dengan aroma daun pisang yang khas.

Bicara mengenai lontong, ada beberapa menu masakan khas Nusantara enak yang disajikan dengan lontong. Masakan ini tak hanya enak tetapi jua bisa dibilang begitu menyehatkan. Apa saja masakan tersebut?

 

Sajian Masakan Nusantara dengan Lontong

Lontong Sayur

Masakan pertama ada lontong sayur. Ini merupakan menu masakan yang terdiri dari potongan lontong dan sayur nangka yang gurih. Selain sayur nangka, sayur lain untuk menu masakan ini adalah sayur labu. Agar makin mantap, tidak lupa sambal dan telur bumbu bacem. Lontong sayur umumnya disajikan sebagai menu sarapan.

Lontong Kari

Menu masakan berikutnya ada lontong kari. Ini menu masakan berupa potongan lontong yang disiram kuah kari kental, taburan bawang goreng, kedelai goreng dan kerupuk bawang. Lontong kari adalah masakan khas Nusantara asal Bandung, Jawa Barat.

Lontong Cap Gomeh

Ini merupakan masakan peranakan Tionghoa. Lontong cap gomeh terinspirasi oleh sajian ketupat saat Lebaran. Masakan ini terdiri dari potongan lontong, opor ayam, sambal goreng ati dan taburan bawang merah goreng.

Lontong Balap

Inilah masakan khas Nusantara dengan lontong selanjutnya. Lontong balap adalah masakan khas Surabaya. Sajian masakan ini terdiri dari potongan lontong, tahu, tauge dan kikil. Lontong balap disiram dengan kuah gurih, sambal petis dan taburan bawang merah goreng.

Lontong Kupang

Ini merupakan sajian khas Nusantara berupa potongan lontong yang disajikan bersama masakan kupang putih atau hewan laut sejenis kerang yang berukuran kecil. Lontong kupang memiliki cita rasa gurih yang khas. Biasanya, sajian ini dipadukan dengan es degan atau es kelapa muda.

Itulah beberapa sajian khas Nusantara yang menggunakan lontong di dalamnya, Selain sajian di atas, sajian lain yang juga menggunakan lontong antaranya lontong kikil, sate, gulai kambin, soto, lentong tanjung dan lontong orari. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading