Sukses

Lifestyle

Hati-hati Kekurangan Vitamin A dapat Menyebabkan Kebutaan

ringkasan

  • Kekurangan vitamin dan protein dapat menyebabkan tubuhmu menjadi lemah
  • Kekurangan vitamin A dapat membuat kebutaan

Fimela.com, Jakarta Agar tubuh sehat diperlukan nutrisi yang tepat. Kekurangan vitamin dan protein dapat menyebabkan tubuhmu menjadi lemah.

Kadar vitamin yang rendah dapat menyebabkan berkembangnya berbagai penyakit dan kondisi kesehatan. Salah satu vitamin yang harus dikonsumsi adalah vitamin A.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang, hingga penglihatan. Mata perlu menghasilkan pigmen tertentu agar retina berfungsi dengan baik dan di sinilah vitamin A dibutuhkan. Vitamin ini juga bermanfaat dalam menyehatkan mata, termasuk kornea dan bantuan jaga agar mata tetap terlumasi. Vitamin ini diperlukan untuk mengubah cahaya yang mengenai mata menjadi sinyal listrik yang dapat dikirim ke otak.

Menurut penelitian, vitamin A tetes mata telah terbukti efektif untuk perawatan mata kering. Studi ini melanjutkan untuk menyatakan bahwa obat tetes mata yang dijual bebas yang mengandung vitamin A sama efektifnya untuk pengobatan sindrom mata kering.

Dapat membuat buta

Kekurangan vitamin A dapat membuat kebutaan. Agar seseorang dapat melihat dengan jelas dan membedakan objek, mata perlu menghasilkan pigmen tertentu agar retina Anda berfungsi dengan baik.

Akibatnya, kekurangan vitamin A menghentikan produksi pigmen ini, yang menyebabkan kebutaan malam hari - karena vitamin merupakan komponen utama dari pigmen rhodopsin

Rhodopsin ditemukan di retina mata dan sangat peka terhadap cahaya, yang pada gilirannya menyebabkan individu dengan kondisi tersebut mengalami penurunan penglihatan dalam kegelapan ketika mata mereka berjuang untuk mengambil cahaya pada tingkat yang lebih rendah.

Kurangnya vitamin membatasi produksi kelembaban yang dibutuhkan untuk melumasi mata Anda juga. Kurangnya jumlah vitamin A yang tepat dalam tubuh juga dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia (AMD), yang merupakan penyebab utama kebutaan di negara maju. Dan sesuai penelitian, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah pada anak-anak, secara global. Pada wanita hamil, kekurangan vitamin A menyebabkan kebutaan malam dan dapat berkontribusi pada kematian ibu. Diperkirakan 250.000 hingga 500.000 anak menjadi buta setiap tahun karena kekurangan vitamin A. Setengah dari anak-anak ini meninggal dalam satu tahun kehilangan penglihatan mereka.

Vitamin A berasal dari makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran dalam bentuk karoten, yang diubah menjadi retinol oleh tubuh setelah dicerna. Beta-karoten adalah salah satu karotenoid pro-vitamin A yang paling umum dan efektif.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading