Sukses

Lifestyle

4 Tips Menyiapkan Mental Jelang Pernikahan agar Tidak Stres

Fimela.com, Jakarta Menyiapkan pernikahan bisa membuat kita stres. Bahkan kestabilan mental kita bisa ikut terganggu. Agar tidak sampai stres berlebihan, kita memang perlu melakukan sejumlah upaya untuk bisa menenangkan diri.

Ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar tidak stres jelang pernikahan. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Tak Perlu Menuntut Segalanya Serba Sempurna

Dilansir dari marriage.com, saat menyiapkan pernikahn, perempuan biasanya punya pemahaman bahwa pernikahan adalah mengenai sami sempurna, mertua sempurna, dan rumah yang sempurna. Namun, perlu diketahui bahwa pernikahan jauh dari kata sempurna. Cobalah untuk lebih realistis dan berpikir praktis bahwa tak semuanya bisa berjalan sempurna sesuai dengan keinginan, dan hal itu adalah sesuatu yang lumrah terjadi.

2. Tetaplah Jadi Diri Sendiri

Lakukan hal-hal yang membuatmu nyaman. Pilih segala hal dan kebutuhan yang bisa memberikan kenyamanan. Dalam pernikahan, kita tak bisa memaksa pasangan kita langsung berubah sesuai dengan standar dan keinginan kita. Di sini perlu adanya sikap respek dan saling menghargai satu sama lain. Supaya pernikahan yang dijalani bisa sama-sama memberi rasa nyaman.

 

3. Ciptakan Ruang dalam Dirimu untuk Memaafkan

Dalam mempersiapkan pernikahan, bisa jadi ada banyak hal yang terjadi di luar harapan dan keinginan. Menyatukan berbagai keinginan dari diri sendiri dan orang lain tidaklah mudah. Di sini kita perlu menciptakan ruang dari dalam diri kita sendiri untuk memaafkan. Tak perlu membesar-besarkan masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan baik-baik.

4. Miliki Teman Curhat

Mungkin sahabat dekat, saudara sendiri, atau bahkan orangtua. Setidaknya kita punya seseorang yang bisa jadi sandaran dan tempat curhat saat ada hal-hal yang terjadi di luar kendali kita dalam mempersiapkan pernikahan. Terkadang perasaan sendirian dan kesepian yang hadir membuat kita merasa stres jelang pernikahan.

Pastinya juga penting untuk selalu menjaga komunikasi dengan calon suami. Karena pernikahan akan dijalani bersama, maka persiapan juga perlu dilakukan dan dipahami bersama. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa tips paling efektif agar tidak stres jelang pernikahan?

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Katy Perry dan Orlando Bloom Tunda Pernikahannya
Artikel Selanjutnya
Alasan Kenapa Tahun Pertama Pernikahan Terasa Sangat Berat