Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Otot Kaku karena Kelamaan Duduk

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami otot yang terasa sangat kaku setelah menghabiskan waktu berjam-jam duduk? Bagi yang sehari-hari bekerja di depan laptop atau komputer dan jarang gerak, otot tubuh bisa terasa sangat kaku setelah selesai bekerja. Sendi-sendi tubuh pun rasanya sakit untuk digerakkan.

Untuk mengatasi otot yang kaku karena kelamaan duduk, ada beberapa tips dasar yang bisa dicoba. Bagi para karyawan atau pekerja yang sehari-hari lebih banyak duduk daripada bergerak aktif, berikut empat tips sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasi otot yang kaku.

1. Peregangan Otot Satu Kali Setiap Jam

Coba lakukan peregangan otot setiap jamnya. Setidaknya meluangkan waktu tujuh menit untuk melakukan peregangan otot dan tubuh setiap satu jam bisa membantu otot-otot tubuhmu lebih rileks. Meregangkan otot di area punggung dan bahu bisa bantu mengatasi otot yang kaku selama bekerja.

2. Melakukan Squat

Dilansir dari news18.com, melakukan squat adalah cara yang cocok untuk menurunkan berat badan sekaligus melemaskan otot-otot kaki dan panggul. Untuk melakuka one-legged squat misalnya, kita bisa menahan kedua tangan lurus ke depan, sejajar dengan bahu, angkat kaki kanan dari lantai. Kemudian, perlahan-lahan gerakkan tubuh ke atas hingga mencapai posisi awal. Ulangi gerakan dengan kaki satunya.

 

3. Melakukan Gerakan Yoga

Pinggang dan panggul yang terasa kaku bisa diatasi dengan melakukan beberapa gerakan yoga. Misalnya, untuk mengatasi otot kaku dan nyeri pada punggung, bisa coba lakukan child’s pose, sphinx pose, downward-facing dog, extended triangle, dan two-knee spinal twist.

4. Minum Air Putih

Hindari minuman berenergi dan minuman bersoda. Pilih yang lebih sehat, seperti air putih untuk diminum secara teratur. Jika bosan dengan air putih, kita bisa menambahkan air perasan jeruk lemon. Mengonsumsi buah yang kaya kandungan airnya juga bisa dilakukan. Dengan mencegah tubuh dehidrasi, nyeri otot tubuh bisa dihindari.

Semoga info ini bisa bermanfaat untukmu, ya. Selain kerja keras, menjaga tubuh tetap sehat juga sangat penting.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading