Sukses

Lifestyle

Obat Batuk Alami, Ini Manfaat Sehat Teh Cengkeh

Fimela.com, Jakarta Memasuki musim penghujan banyak orang rentan mengalami flu dan batuk atau demam karena perubahan cuaca. Tapi daripada mengandalkan obat batuk dari apotek, tidak ada salahnya mengobati dengan bahan dapur, cengkeh misalnya.

Cengkeh bukan hanya digunakan bunganya yang kering untuk masakan, namun juga bisa diolah menjadi minyak cengkeh yang punya banyak khasiat. Minyak cengkeh dibuat dari hasil suling dan ekstrak dari tanaman cengkeh, khususnya daun, ranting dan kuncup bunganya.

Manfaat Teh dari Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh bisa digunakan untuk meredakan flu dan batuk karena berfungsi sebagai ekspektoran yang meringankan peradangan pada saat terjadi infeksi saluran pernapasan atas sehingga mampu melegakan hidung tersumbat karena penumpukan lendir, seperti dijelaskan dalam WebMd. Cukup menyeduh beberapa biji cengkeh dengan setets minyak cengkeh dan diminum sebagai teh. 

Bahkan minyak cengkeh juga memiliki kandungan eugenol yang bersifat anti jamur dan anti bakteri sehingga banyak dimanfaatkan dalam bidang farmasi atau pengobatan. Kandungan eugenol cengkeh membantu mengendurkan otot pada sistem pencernaan sehingga dapat meringankan masalah perut dan melancarkan buang air besar.

Jadi, jika kebetulan demam, flu dan batuk menyerang, coba seduh teh cengkeh agar cepat reda.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Bantu Sembuhkan Bengkak, Ini Manfaat Sehat Minyak Cengkeh