Sukses

Lifestyle

Melihat Fitur yang Memudahkan Para UMKM Menjalankan Bisnis Online

Fimela.com, Jakarta Platform teknologi, Zilingo, memperkenalkan Zilingo Business Forum untuk pertama kalinya guna membantu calon wirausahawan dan pemilik bisnis mendapatkan wawasan dan pembelajaran berharga dari para tokoh industri untuk menjalankan bisnis online dengan baik.

Platform teknologi yang mendukung seluruh rantai fashion ini mengumumkan inisiatif terbarunya yaitu Zilingo Business Forum. Dikreasikan untuk para calon pengusaha dan pemilik bisnis online Forum perdana Zilingo kali ini mengangkat tema "Kiat Mendapatkan Modal untuk Usaha di Era Digital".

Pokok bahasan diskusi mencakup isu seputar lanskap UMKM Indonesia, insider tips untuk mempercepat proses pemberian pinjaman dari platform peer-to-peer (P2P) lending serta bagaimana layanan B2B Zilingo dapat membantu memberikan kesempatan bisnis yang setara.

Forum ini menghadirkan perwakilan dari pengusaha muda di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), platform peminjaman berbasis peer-to-peer (P2P) KoinWorks, dan produsen garmen dalam negeri PT Sigma Global Texindo.

“Sebagai penyedia solusi bisnis serba ada yang didukung oleh teknologi, Zilingo percaya bahwa pengembangan industri UMKM adalah cara untuk mendukung perekonomian Indonesia. Selain melengkapi bisnis dengan alat dan layanan yang diperlukan, kami meluncurkan Zilingo Business Forum dengan tujuan meningkatkan pengetahuan bisnis para calon pengusaha,” kata Ade Yuanda Saragih VP and Country Head, Zilingo.

Tema yang diusung kali ini sejalan dengan laporan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tentang kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai hingga 60 persen. Jika 10 persen saja dari UMKM mampu mengembangkan bisnis mereka, hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional hingga 7 persen, atau bahkan mencapai 9,3 persen dari tahun ke tahun.

Namun, masih banyak bisnis online yang tidak memiliki kapasitas untuk beroperasi secara maksimal karena kurangnya akses ke beberapa aspek seperti keuangan, keterampilan sumber daya manusia, dan teknologi.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah juga mencatat bahwa salah satu tantangan utama adalah rendahnya penyaluran kredit di sektor UMKM. Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) menunjukkan bahwa hanya 18,3 persen dari total pinjaman yang dikeluarkan oleh bank diberikan karena ketidakmampuan UMKM untuk menyediakan laporan dan catatan keuangan yang memadai.

Ketua Badan Pengurus Cabang HIPMI Jakarta Pusat, Indra Rukman mencatat bahwa kurangnya akses ke modal kerja adalah salah satu tantangan paling mendesak yang dihadapi oleh para anggotanya.

Pengembangan teknologi juga telah merevolusi sektor financial technology (fintech) dan menyediakan lebih banyak pilihan pinjaman, menyederhanakan proses, dan memberikan peluang kepada mereka yang tidak mampu mendapatkan dana melalui jalur tradisional seperti bank.

Pinjaman dana bisnis online untuk UMKM

UMKM atau calon pengusaha dapat memanfaatkan keuntungan dari memiliki lebih banyak opsi untuk pinjaman, yang mencakup pinjaman P2P dan layanan keuangan yang disediakan oleh berbagai platform termasuk bank dan perusahaan multi-finance.

“Pengalaman pertama saya dalam mengajukan pinjaman adalah pada tahun 2016, ketika kami meminjam dari bank untuk keperluan pembelian bahan baku seperti kain. Prosesnya sangat kompleks dan panjang, termasuk saat pemeriksaan aset. Kami memiliki pengalaman yang sangat berbeda dengan Zilingo di mana proses persetujuannya cepat dan mudah,” ujar Gungun Rachgunadi Co-founder dan Manager Garment dari PT Sigma Global Texindo.

Kemudahan yang dirasakan UMKM

“KoinWorks hadir sebagai platform yang menyediakan pinjaman produktif kepada para pelaku UKM. Lewat forum ini, kami berharap semakin banyak sektor UKM yang mendapatkan pengetahuan dan akses pembiayaan untuk pengembangan bisnisnya di kemudian hari sehingga kita bisa bersama-sama mewujudkan Industri 4.0 di Indonesia,” ujar Bernard Arifin Chief Operating Officer KoinWorks.

Sebagai bagian dari layanan solusi bisnisnya, Zilingo bermitra dengan berbagai lembaga keuangan seperti platform P2P, bank, dan perusahaan multi-finance untuk menawarkan bantuan keuangan kepada para pedagangnya. Sebagai platform teknologi serba ada untuk semua kebutuhan B2B, Zilingo terus mengidentifikasi hambatan yang ada dan menawarkan solusi inovatif untuk menyetarakan kesempatan bersaing dan membantu UMKM untuk terus mengembangkan bisnis online mereka di Indonesia.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading