Sukses

Lifestyle

Artotel Gandeng WWF Indonesia Kampanyekan Gerakan Peduli Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Dikenal dengan nama ARTOTEL For Hope, kini aksi kepedulian sosial tahunan dari ARTOTEL Group berubah nama menjadi ARTOTEL Earth. Melalui aksi ini ARTOTEL Group ingin menyampaikan pesan bahwa seni dapat menjadi media komunikasi yang sangat menarik untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial dan lingkungan yang sedang diangkat.

Pada tahun 2016 misalnya, ARTOTEL For Hope menggalang kepedulian sosial untuk anak-anak berkebutuhan khusus yang berprestasi di bidang seni, dengan menghadirkan sosok seniman cilik Aqil Prabowo yang memiliki gangguan disleksia. Pada 2017 juga, ARTOTEL menggalang kepedulian sosial untuk orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental.

Melalui ARTOTEL For Hope, orang-orang yang kurang beruntung ini diberikan kesempatan untuk berkarya melalui pameran seni yang diselenggarakan di semua properti ARTOTEL. Faktanya, ternyata seni menjadi salah satu terapi penyembuhan mereka melalui coretan-coretan yang mereka tuangkan dalam setiap kanvas.

Di tahun 2018, mulai merambah isu lingkungan yang bekerja sama dengan yayasan sosial di bidang lingkungan. Dalam isu lingkungan ini ARTOTEL fokus pada rehabilitasi hutan di Kalimantan. Sedangkan di tahun 2019 ini, ARTOTEL Group mulai memposisikan program kepedulian sosial menjadi program berkelanjutan terhadap lingkungan. ARTOTEL Earth menjalin kerja sama secara strategis dengan Yayasan WWF Indonesia sebagai mitra resmi program Signing Blue.

Program Signing Blue sendiri diharapkan mampu mendorong pelaku industri pariwisata untuk melakukan praktik usaha yang bertanggung jawan dalam melestarikan keindahan bahari. Hotel yang terdaftar pada program ini sudah melalui penilaian sebagai hotel ramah lingkungan, mulai dari mengurangi penggunaan plastik, pengaturan limbah ramah lingkungan, dan ikut mensejahterahkan kelestarian bahari untuk saat ini dan masa mendatang.

Dengan adanya program ARTOTEL Earth, ARTOTEL Group membuktikan komitmennya dalam menjaga dan melestarikan alam melalui langkah kecil dengan mengganti semua produk yang menggunakan plastik dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

Langkah-langkah mengurangi sampah plastik

Selain itu, bersama WWF Indonesia pada Desember 2019 akan dilakukan rangkaian program aktifasi pertama kolaborasi kedua pihak yang mengangkat tema Mengurangi Sampah Plastik. Berikut ini rangkaiannya.

1. Pengumpulan Donasi

Selama bulan Desember 2019, ARTTEL akan menyisikan Rp10.000 dari setiap kamar yang terjual untuk disumbangkan kepada WWF Indonesia yang akan dipergunakan untuk kegiatan pelestarian kehidupan maritime dan pengelolaan limbah di Indonesia.

2. Pameran Seni

Menampilkan pameran seni karya Mulyakarya, sebuah kelmpk seniman asal Yogyakarta yang didirikan oleh Danang Catur dan Yudha Sandy, berupa komik, poster, lukisan, dan instalasi, yang diselenggarakan secara serentak di ARTSPACE semua property ARTOTEL Group mulai dari 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2020. Hasil penjualan karya seni tersebut sebagian akan disumbangkan ke WWF-Indonesia.

3. Membuat Cinderamata “Daur Ulang” Bersama TRI Upcycle

Bekerja sama dengan TRI Upcycle, sebuah usaha sosial yang memproduksi barang-barang daur ulang untuk mengurangi sampah lingkungan. Barang-barang ini kemudian dijual dan hasil penjualannya juga akan disumbangkan kepada WWF Indonesia dan Tri Upcycle. Dana yang diterima oleh Tri Upcycle akan mereka alokasikan untuk penanaman phon di Kalimantan Tengah.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Aksi Peduli Lingkungan untuk Rayakan Hari Menanam Pohon Indonesia
Artikel Selanjutnya
Jadi Alternatif Paper Bag, Kantong Plastik Mulanya Diciptakan untuk Menyelamatkan Bumi