Sukses

Lifestyle

5 Camilan Enak Khas Sunda dengan Bahan Dasar Ketela Pohon

Fimela.com, Jakarta Ketela pohon merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki cita rasa khas dan menggugah selera. Ada banyak makanan enak yang bisa dibuat dengan bahan dasar ketela pohon. Jika di jawa ketela pohon bisa diolah menjadi gethuk, tiwul, gatot dan masih banyak lagi, di Sunda ketela pohon juga bisa diolah menjadi berbagai makanan atau camilan enak.

Penasaran camilan khas Sunda yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon atau singkong? Simak baik-baik yang berikut ini ya.

Camilan Khas Sunda dari Ketela Pohon

Keripik Ketela Pohon atau Singkong

Camilan yang pertama adalah keripik ketela pohon atau singkong. Keripik ketela pohon memiliki berbagai macam rasa mulai dari yang asin, manis hingga pedas. Sebenarnya keripik ini tak hanya bisa ditemukan di daerah Sunda tetapi juga berbagai daerah lain di Indonesia seperti Jawa, Betawi, Padang bahkan Irian Jaya.

Ongol-Ongol

Camilan berikutnya ada ongol-ongol. Ini merupakan camilan warna-warni berbentuk kotak yang terbuat dari ketela yang telah dihaluskan menjadi tepung. Ongol-ongol memiliki cita rasa yang makin mantap karena disajikan bersama taburan gula dan kelapa parut.

Colenak

Ini merupakan camilan dari ketela pohon yang telah difermentasi kemudian disajikan bersama saus gula merah. Colenak juga disebut sebagai peyeum. Di daerah lain, peyeum dikenal sebagai tape singkong.

Misro

Misro adalah camilan yang terbuat dari ketela pohon parut. Adona ketela parut kemudian diberi sedikit garam dan kelapa parut, dicetak bulat-bulat dan dalamnya diisi gula merah. Misro kemudian di goreng hingga matang berwarna kecokelatan. Di daerah lain misro sering disebut sebagai jemblem, onde-onde singkong dan klenyem.

Putri Nong

Camilan yang berasal dari Sunda dan berbahan dasar ketela pohon berikutnya ada putri nong. Putri nong adalah ketela parut dalam dalamnya berisi pisang. Makanan ini dimasak dengan cara dikukus dan disajikan bersama parutan kelapa yang gurih.

Itulah beberapa camilan dari tanah Sunda yang dibuat dengan bahan dasar ketela pohon. Dari beberapa camilan di atas, mana yang menjadi favoritmu Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading